Jakarta (ANTARA) - Anjuran bekerja di rumah (working from home/WFH) selama pandemi virus corona baru, COVID-19 mengharuskan kita mengandalkan internet rumah untuk menghadiri rapat lewat konferensi video atau mengunggah dokumen besar untuk urusan kantor.

Sayangnya, jaringan internet rumahan tidak selalu bisa melakukan pekerjaan tersebut dengan cepat.

TIME melansir delapan cara meningkatkan kecepatan internet saat WHF sebagai berikut:

1. Jangan kerja pas jam sibuk
Cara mendapatkan kecepatan internet yang paling baik adalah menyeimbangkan antara data apa yang dipindahkan secara online dan kapan waktu harus memindahkannya.

Harus mulai rapat jam 9 tepat? Itu mungkin bukan ide terbaik jika banyak orang di daerah Anda melakukan kegiatan bandwidth tinggi pada saat yang sama, itu bisa memperlambat segalanya untuk semua orang.

Solusinya? Tunggu beberapa menit untuk menghindari masalah koneksi dan mengurangi beban pada layanan panggilan dan konferensi video yang Anda gunakan. Bahkan penundaan 10 menit dalam panggilan dapat meningkatkan kualitas dan mengurangi kemungkinan pemutusan.

2. Jadwalkan mengunduh dokumen besar malam hari

Sama seperti mengubah jam kerja, menjadwalkan mengunduh dokumen besar dan memperbaru (update) program saat pengguna internet sedang sedikit bisa mempercepat internet.

Unduh dan update dokumen besar saat tengah malam, misalnya.

3. Matikan perangkat "idle"
Jika Anda menggunakan satu jaringan internet untuk beberapa perangkat, maka matikan saja perangkat yang idle atau sedang tidak digunakan tapi tetap menyala.

Baca juga: Jangan kerja di atas tempat tidur saat WFH

Baca juga: Tren kerja dari rumah akan jadi faktor pemilihan hunian di masa depan

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020