Jakarta (ANTARA) - Telur adalah salah satu bahan masakan yang mudah dicari dan dapat dikreasikan menjadi berbagai macam masakan di dapur. Bila Anda gemar bereksperimen di dapur selama berdiam diri di rumah, tak ada salahnya mencoba resep-resep baru agar menu bervariasi.

Baca juga: Koki di Hanoi buat kreasi "Coronaburger"

Telur mata sapi
 
Olahan telur (Shutterstock)


Telur mata sapi atau telur ceplok adalah salah satu menu yang paling mudah. Cukup panaskan minyak atau mentega ke penggorengan, lalu masukkan telur dan tunggu hingga matang.

Memasak telur ceplok lebih mudah dengan wajan teflon anti lengket sehingga hasil akhirnya bisa terlihat sempurna. Tingkat kematangan bisa disesuaikan tergantung selera, matang sempurna atau setengah matang.

Anda bisa berkreasi dengan bentuk jika memiliki wajan khusus, misalnya bentuk hati.

Baca juga: McDonald's tutup sementara layanan makan di tempat

Padukan telur ceplok dengan tambahan favorit, baik itu kecap manis, saus, sambal atau lada hitam. Telur mata sapi enak disantap dengan nasi panas atau mi instan.

Omelet
 
Omelet (Shutterstock)


Setiap orang bisa membuat omelet yang berbeda-beda tergantung selera. Ada yang senang mencampurkan banyak sayuran, ada yang lebih suka menambahkan daging hingga keju. Jika ingin menambahkan daging atau jamur, pastikan bahan yang dimasukkan sudah matang.

Masukkan telur ke dalam mangkuk, tambahkan sedikit garam dan lada dan bahan-bahan yang Anda suka, lalu masak dengan minyak atau butter di atas wajan dengan api sedang. Jika ingin terlihat lebih "rapi", masukkan dulu telur, lalu tambahkan bahan-bahan isian di satu sisi, kemudian "tutup" sisi lain hingga telur berbentuk setengah lingkaran.


Baca juga: Situs inspirasi resep masak selama #dirumahaja

Tamagoyaki
​​​​​​​
​​​​​​​
Tamagoyaki (Shutterstock)


Telur dadar ala Jepang sedikit berbeda dari sajian telur di Indonesia. Telur identik dengan rasa asin atau gurih, tapi tamagoyaki biasanya punya cita rasa manis. Bentuknya kotak dan berlapis-lapis, itulah mengapa wajan untuk tamagoyaki memang berbentuk kotak.

Siapkan dashi (kaldu Jepang), shoyu, gula, sedikit garam dan air. Campurkan dengan telur, lalu kocok hingga rata. Masukkan sepertiga dari telur, ketika sudah setengah matang, gulung. Masukkan lagi sepertiga adonan telur ke wajan, bila sudah setengah matang dan menempel dengan adonan sebelumnya, gulung lagi. Ulangi langkahnya.

Roti panggang telur
 
Roti panggang telur (Shutterstock)


Menu sarapan ini mudah dibuat dengan menggunakan microwave atau wajah teflon serbaguna.

Siapkan roti, lalu padatkan bagian tengahnya menjadi cekung agar tercipta ceruk untuk menaruh telur. Anda bisa memakai bagian bawah gelas atau sendok. Masukkan telur, tambahkan sedikit garam atau lada. Panggang hingga telur matang. Anda bisa berkreasi dengan menambahkan keju di roti agar rasanya lebih cheesy.


Baca juga: Resep seafood telur praktis untuk Imlek (video)

Baca juga: Ingin sarapan penuh gizi? Silakan cicipi roti panggang telur ayam

Baca juga: Resep simpel hidangan penambah kekebalan tubuh, omelet dalam mug

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020