Manado (ANTARA News) - Kementrian Negara Lingkungan Hidup akan menyelenggarakan acara revitalisasi peran penerima anugerah Kalpataru Provinsi Sulawesi Utara di Tondano, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara.

"Acara akan kami selenggarakan Kamis, 14 Mei di tepi Danau Tondano," ujar Asisten Deputi Urusan Edukasi dan Komunikasi Lingkungan Kementrian Negara Lingkungan Hidup, Siti Aini Hanum, MA dalam siaran pers yang diterima di Manado, Rabu.

Siti mengatakan acara yang dimulai pukul 10.50 WITA tersebut diawali dengan sambutan Bupati Minahasa, kemudian sambutan dan pembukaan dari Gubernur Sulawesi Utara, SH. Sarundayang.

Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian komitmen lima orang utusan kader lingkungan hidup dilanjutkan dengan penyerahan dokumen deklarasi kepada Menteri Negara Lingkungan Hidup, Rahmad Witoelar.

Siti mengatakan setelah istirahat sejenak di tepi Danau Tondano, Menteri Negara Lingkungan Hidup dan rombongan kemudian melanjutkan perjalanan ke Universitas Manado (Unima) di Tondano, untuk memberikan kuliah umum perubahan iklim.

Sedangkan para peserta, ujar dia, melanjutkan kegiatan pelatihan penguatan kapasitas kader lingkungan dengan materi tentang teknik penangkaran pohon, pengembangan wanatani, pemanasan global dan kampung iklim.

Kemudian tentang peran kader lingkungan dalam pengelolaan sampah, adiwiyata dan edukasi lingkungan dan kebijakan pengelolaan lingkungan hidup.

"Pada akhir acara peserta mengikuti pemasangan biofori dan pembersihan enceng gondok di Danau Tondano," katanya.
(*)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009