Untuk sementara ini, perjalanan kereta Progo akan dibatalkan mulai 8-30 April,
Yogyakarta (ANTARA) - PT KAI Daerah Operasi 6 Yogyakarta kembali menambah jadwal perjalanan kereta yang dibatalkan untuk mencegah rantai penularan virus corona, yaitu Kereta Api Progo relasi Lempuyangan-Pasar Senin mulai Rabu (8/4).

“Untuk sementara ini, perjalanan kereta Progo akan dibatalkan mulai 8-30 April,” kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 6 Yogyakarta Eko Budiyanto di Yogyakarta, Rabu.

Sebelumnya, PT KAI Daerah Operasi 6 Yogyakarta sudah membatalkan lebih dari 120 perjalanan kereta baik yang diberangkatkan dari wilayah kerja tersebut atau kereta yang melintas di Daop 6 Yogyakarta.

Selain mendukung upaya pemerintah untuk mencegah penularan virus Corona, pembatalan perjalanan kereta api tersebut juga dilakukan karena jumlah penumpang kereta api menurun signifikan sejak virus corona merebak.

Jumlah penumpang kereta api rata-rata mencapai 30.000 orang per hari, namun jumlah tersebut terus berkurang hingga tersisa 3.000 orang per hari sejak terjadi pandemi COVID-19.

Selain Progo, sejumlah perjalanan kereta dari Daop 6 yang sudah dibatalkan selama April di antaranya kereta bandara menuju Yogyakarta International Airport (YIA) dan menuju Bandara Internasional Adi Sumarmo (BIAS).

Sedangkan untuk kereta jarak jauh yang dibatalkan adalah Taksaka, Fajar Utama Yogyakarta, Senja Utama Yogyakarta, Malioboro Ekspres, Sancaka, Argo Lawu, Mataram, Lodaya, Sancaka Utara, Bogowonto, Gajah Wong dan Jaka Tingkir.

Sementara itu, kereta yang masih dioperasionalkan di Daop 6 Yogyakarta adalah Prambanan Ekspres (Prameks), Joglosemarkerto, Senja Utama Solo, Fajar Utama Solo, Argo Dwipangga, Batara Kresna, Bengawan, dan Sritanjung.

“Untuk kereta lokal, seperti Prameks, kami juga menerapkan pembatasan jumlah penumpang yaitu maksimal 50 persen. Penumpang pun wajib mengenakan masker,” katanya.

Sedangkan bagi penumpang yang membatalkan tiket bisa memperoleh pengembalian biaya tunai langsung yang sudah berlaku sejak 1 April. Pengembalian biaya tunai langsung dilakukan pada hari H keberangkatan sampai 30 hari setelah tanggal keberangkatan yang tertera pada tiket.

Baca juga: KAI Yogyakarta berlakukan "social distancing" di stasiun dan kereta

Baca juga: KAI Yogya siapkan pemindai suhu hingga posko kesehatan di stasiun

Baca juga: Reservasi enam KA lokal Yogyakarta hanya dilayani melalui KAI Access


Pewarta: Eka Arifa Rusqiyati
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2020