Dinkes Majalengka distribusikan APD dan alat kesehatan cegah COVID-19

Dinkes Majalengka distribusikan APD dan alat kesehatan cegah COVID-19

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka Alimudin (kiri ketiga ) saat memberikan APD dan Alkes ke sejumlah Puskesmas dan Rumah Sakit. ANTARA/HO Humas Gugus Tugas COVID-19 Majalengka/am.

Alkes dan APD yang kami berikan itu sangat lengkap dan saat ini didistribusikan untuk setiap puskesmas maupun rumah sakit
Majalengka (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, mendistribusikan alat pelindung diri (APD) dan alat kesehatan (alkes) ke semua puskesmas serta rumah sakit di daerah itu untuk melindungi paramedis dari penularan COVID-19.

"Alkes dan APD yang kami berikan itu sangat lengkap dan saat ini didistribusikan untuk setiap puskesmas maupun rumah sakit," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka Alimudin di Majalengka, Rabu.

Baca juga: Majalengka dirikan posko di pintu perbatasan daerah

Ia menuturkan alat yang dibagikan tersebut berupa pakaian, sepatu, masker, hand sanitizer, pengukur suhu tubuh dan sebagainya.

Pembagian APD dan alkes ini dilakukan untuk menutupi kekurangan persediaan di setiap puskesmas dan rumah sakit dalam menangani pasien COVID-19.

Baca juga: Polres Majalengka tangkap enam pencuri bermodus polisi

Menurutnya, untuk jumlah yang diberikan ke setiap puskesmas yaitu hand sanitizer 8 buah, pakaian 7, masker steril 3 boks, masker N-95 satu boks, sepatu satu pasang dan infrared thermometer satu buah.

"Semua pengadaan alat kesehatan dan APD ini sumber anggarannya dari APBD Majalengka tahun 2020," tuturnya.

Baca juga: Dishub Jabar terapkan protokol kesehatan untuk transportasi publik

Dengan adanya pasokan sarana dan prasarana ini, kata Alimudin, bisa membantu sekaligus memaksimalkan tugas gugus dalam pemberantasan COVID-19 di Majalengka.

"Kami juga dapat APD dari Pemprov Jabar, tapi bantuan itu tidak selengkap yang kita berikan hari ini," katanya.

Untuk itu rencananya, alat kesehatan yang diberikan oleh Pemprov akan diberikan ke instansi di lingkungan Pemkab Majalengka dan Forkopimda untuk mencegah penyebaran virus corona.

Baca juga: Penduduk Jabar diwajibkan pakai masker saat keluar rumah

 

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Pemkot Malang siapkan makam khusus COVID-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar