dibutuhkan ketangguhan kita bersama
Jakarta (ANTARA) - Lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) bersama perusahaan kosmetik Wardah PT Paragon Technology and Innovation membagikan makanan gratis untuk tenaga medis yang sedang bertugas menangani pasien COVID-19 di sejumlah rumah sakit rujukan.

Dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Rabu, ACT dan PT Paragon memberikan bantuan dukungan penanggulangan COVID-19 dalam program Sedekah Makan Gratis melalui Hummanity Food Truck yang tersedia di RS Harapan Kita dan RSUP Fatmawati.

“Untuk memerangi virus global ini dibutuhkan ketangguhan kita bersama. Mari putus penyebaran pandemi COVID-19 dengan terus melakukan aksi baik, patuh pada anjuran pemerintah dan saling mendoakan semoga Indonesia dan seluruh negara yang sedang berjuang bisa terbebas dari wabah ini,” kata Presiden Komisaris PT Paragon Technology and Innovation Nurhayati Subakat.

Baca juga: ACT perluas distribusi makanan di tengah pandemi COVID-19
Baca juga: ACT Jatim bantu pangan gratis warga terdampak COVID-19


Melalui program tanggung jawab sosial perusahaannya, perusahaan kosmetik Wardah bersinergi dengan ACT dengan menyediakan 3.000 porsi sedekah pangan per harinya. Selain itu, bantuan berupa beras akan dibagikan secara gratis kepada keluarga prasejahtera agar kelompok masyarakat tersebut bisa melakukan tindakan pencegahan penyebaran virus corona tanpa perlu memikirkan bagaimana cara memenuhi kebutuhan pokok.

ACT telah mengumpulkan 1.000 relawan yang akan memberikan bantuan untuk menjalankan berbagai program kolaborasi ini dengan tujuan melawan corona. Direktur Kemitraan Strategis ACT Mukti menyambut baik sinergi yang dilakukan yang menurutnya sebagai bentuk kerja sama nasional dalam menemukan solusi terbaik dalam penanggulangan virus COVID-19.

"Wardah merupakan salah satu korporasi yang peduli terhadap isu dan permasalahan kemanusiaan, kerja sama dengan ACT ini memiliki tujuan untuk dapat membantu garda depan maupun para pasien sampai saat ini masih membutuhkan kita semua, semoga hal ini menjadi kebaikan positif yang bisa diikuti oleh private sector lainnya. Kolaborasi ini merupakan rasa kepedulian yang kita wujudkan dalam aksi nyata dalam menciptakan impact yang lebih besar lagi,” kata Mukti.

Baca juga: Sebuah warteg di Bandung bagikan makanan gratis untuk ojek online
Baca juga: KAJ salurkan APD-makanan siap saji, bantu penanganan COVID-19


Selain bantuan tersebut, ACT juga melakukan program pendistribusian pangan, program edukasi maupun layanan kesehatan, dan produksi secara mandiri hand sanitizer di berbagai daerah. Terdapat pula program penyemprotan cairan disinfektan di berbagai fasilitas umum, dan pendistribusian masker ke berbagai daerah.

Sebanyak 45 ribu personel Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) sudah terkoordinasi dan siap bergerak bila dibutuhkan. Posko-posko ACT juga siap menerima, menampung, dan mendistribusikan bantuan bagi mereka yang terdampak COVID-19 baik secara langsung maupun tidak langsung.

Baca juga: PMI Jaksel terima bantuan 150 paket makanan untuk relawan
Baca juga: Jaktour sediakan makanan bergizi dan higienis untuk tim medis COVID-19

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2020