Jakarta (ANTARA) - Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan Pemerintah bersama para pakar tengah berupaya agar industri dalam negeri bisa memproduksi alat pelindung diri (APD) dengan bahan baku lokal yang sesuai standar medis untuk para petugas medis yang berada di garda terdepan.

"Lagi berjuang keras para pakar di bidang kimia, pakar teknologi kesehatan supaya kualitas bahan yang dihasilkan ini berkualitas premium. Karena ini (APD) khusus untuk para dokter dan perawat yang berada di garis terdepan," kata Doni saat dihubungi ANTARA, di Jakarta, Rabu.

APD yang diproduksi oleh UMKM-UMKM saat ini belum ada yang bisa memenuhi standar medis Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Kementerian Kesehatan terkait penanganan COVID-19.

"APD yang diproduksi oleh UMKM tidak memenuhi standar kesehatan (yang ditetapkan) WHO dan Kemkes. Itu berbahaya untuk dipakai tenaga medis. Tidak mungkin kami membeli untuk diserahkan ke dokter," kata Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ini.

Baca juga: Doni Monardo klarifikasi ekspor APD

Baca juga: Indonesia akan memproduksi APD berbahan baku dalam negeri

Baca juga: Ketua Gugus Tugas: Belum ada daerah disetujui untuk lakukan PSBB


Doni menyebut APD hazmat yang diproduksi dalam negeri saat ini masih mengandalkan bahan baku 100 persen impor.

"100 persen masih impor bahan untuk (pembuatan) hazmat guna menangani COVID-19," katanya.

Sejak masuknya COVID-19 ke Indonesia awal Maret lalu, kasus positif terus meningkat di Tanah Air. Para dokter dan perawat yang menangani pasien harus menggunakan APD untuk mencegah terpapar virus tersebut.

Namun demikian, jumlah APD yang tersedia masih terbatas dibandingkan dengan peningkatan kasus COVID-19 di Indonesia. Hal ini membuat permintaan APD meningkat sedangkan stoknya sangat terbatas.

APD yang diproduksi menggunakan bahan baku dalam negeri sejauh ini bisa dipergunakan untuk petugas medis yang tidak berhubungan langsung dengan pasien yang sudah terpapar COVID-19. Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVOD-19 berupaya untuk melindungi petugas medis yang menangani langsung pasien agar tidak tertular.*

Baca juga: Pemerintah ajak media ikut kontrol dan awasi distribusi APD

Baca juga: Ketua Gugus Tugas : Hampir semua pemda telah persiapan hadapi pemudik

Baca juga: Gugus Tugas COVID-19 apresiasi Kades dan Lurah isolasi mandiri warga

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020