kalau memang keselamatan (atlet) tidak terjamin, ya ditunda
Jakarta (ANTARA) - KONI Jawa Timur menjadi salah satu pihak yang menyuarakan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 Papua ditunda sehubungan pandemi virus corona yang tak kunjung mereda.

"Kalau saya bilang sih ditunda karena situasinya tidak memungkinkan. Artinya, kalau memang keselamatan (atlet) tidak terjamin, ya ditunda," kata Wakil Ketua KONI Jawa Timur M. Nabil kepada ANTARA di Jakarta, Kamis.

Dia menambahkan, "Keputusan kan ada di pusat. Kalau dari pusat tidak ada jaminan keselamatan mesti ditunda".

Nabil bahkan menganggap persiapan PON 2020  menjadi terhambat, padahal perhelatan krida nasional ini dijadwalkan digelar dari 20 Oktober hingga 2 November. 

Baca juga: Menpora sebut persiapan PON 2020 terhambat akibat COVID-19

Ia berpendapat, kondisi itu seharusnya cukup menjadi pertimbangan pemerintah pusat untuk memundurkan PON 2020 ke tahun depan.

Penundaan PON 2020, menurutnya, juga perlu dilakukan mengingat persiapan para atlet di pemusatan latihan daerah (pelatda) menjadi terganggu sehingga bisa mempengaruhi performa atlet seandainya PON tetap diselenggarakan tahun ini.

Meski begitu, Nabil menuturkan pandemi COVID-19 tak menyurutkan para atlet Jawa Timur untuk tetap berlatih, meski hanya bisa berlatih secara virtual.

Baca juga: Kemenpora siapkan opsi penundaan PON 2020 Papua

"Keselamatan atlet bagi kami nomor satu, performa atlet nomor dua, dan prestasi nomor tiga," kata Nabil menegaskan.

Rabu malam lalu pemerintah provinsi Papua meningkatkan status penanganan wabah virus corona di sana dari siaga menjadi tanggap darurat.

Gubernur Papua Lukas Enembe menyatakan bertambahnya jumlah pasien positif COVID-19 yang saat ini tercatat  45 orang dengan lima diantaranya meninggal dunia. maka disepakati status tanggap darurat di Papua diperpanjang dari 9 April menjadi 6 Mei.

Baca juga: Ketua KONI Lampung setuju PON 2020 Papua diundur

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2020