Jadi bukan ditangkap polisi, tapi diamankan oleh warga
Jakarta (ANTARA) - Seorang pemuda terekam kamera "closed circuit television" (CCTV) diduga melakukan pencurian uang kotak amal di Mushola As Syukur, Petukangan, Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

Kapolsek Pesanggrahan Kompol Rusiana Nurwidajati saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis,  membenarkan adanya peristiwa tersebut dan sementara ini pemuda tersebut sudah diserahkan oleh warga ke Polsek untuk pemeriksaan.

"Jadi bukan ditangkap polisi, tapi diamankan oleh warga, sekarang sudah ada di Polsek untuk dimintai keterangan," kata Rusiana.

Menurut Rusiana, pihaknya cukup hati-hati melakukan pemeriksaan terhadap pemuda tersebut karena nominal uang yang dicurinya kurang dari Rp100 ribu, pemuda itu juga sempat mengaku sebagai orang dalam pemantauan (ODP).

Baca juga: Polsek Pesanggrahan tangkap polisi gadungan memeras korban

Keterangan ini didapat dari Ketua RW setempat saat meminta keterangan pemuda tersebut setelah diamankan warga. Sebelumnya, rekaman pemuda tersebut juga sempat beredar viral di media sosial.

Pada saat diamankan warga, pemuda yang belum diketahui identitasnya tersebut mengaku-ngaku sebagai ODP, diduga untuk menghindar agar tidak dibawa ke kantor polisi.

Karena, ketika Ketua RW mengatakan jika pemuda itu COVID-19 akan dikarantina di rumah sakit, tapi jika tidak maka akan dilepas.

"Karena pak RW bilang gitu, dia langsung bilang saya enggak covid. Intinya dia enggak mau dibawa ke kantor polisi, tapi tidak bisa bilang gitu juga ini sedang kita dalami," kata Rusiana.

Baca juga: Petugas Polsek Pesanggrahan bongkar "bisnis" pertunjukan seks

Selain itu, Polsek Pesanggrahan berencana akan meminta bantuan pihak Puskesmas untuk ikut memeriksa status kesehatan pemuda tersebut sebagai upaya antisipasi.

 

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2020