Khusus kepada Pemkot Surabaya kami serahkan Rp 1,3 miliar. Itu berupa voucher belanja yang bisa dibelanjakan nanti ke Hypermart.
Surabaya (ANTARA) - Mayapada Group, Bank Mayapada, Tahir Foundation, dan Alumni Chung-Chung Surabaya memberikan bantuan voucer belanja senilai Rp1,3 miliar kepada Pemkot Surabaya untuk percepatan penanganan wabah  COVID-19 di Kota Pahlawan, Jawa Timur.

"Khusus kepada Pemkot Surabaya kami serahkan Rp 1,3 miliar. Itu berupa voucher belanja yang bisa dibelanjakan nanti ke Hypermart," kata Pemimpin Bank Mayapada Cabang Surabaya Tanto Kardjono seusai menyerahkan bantuan kepada Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini di Balai Kota Surabaya, Rabu.

Tanto menjelaskan Mayapada Grup dan Tahir Foundation sebenarnya menyalurkan bantuan penanganan COVID-19 sebesar Rp52 miliar. Bantuan tersebut disalurkan kepada beberapa provinsi dan daerah di Indonesia, sedangkan untuk masyarakat Jawa Timur dan sekitarnya sebesar Rp10 miliar.

Baca juga: Wali Kota Surabaya terima bantuan robot untuk tangani pasien COVID-19

Menurut Tanto, bantuan ini sebenarnya lebih ditujukan kepada Petugas Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Kota Surabaya. Bahkan, lanjut dia, pihaknya juga menyerahkan bantuan kepada anggota Organda Kota Surabaya sebesar Rp400 juta.

"Kami menyasar petugas kebersihan dan Organda karena mereka pendapatannya harian. Jadi, mereka sangat membutuhkan ini untuk belanja," kata dia.

Ia berharap bantuan ini bisa ikut dirasakan oleh masyarakat menengah ke bawah, sehingga mereka bisa lebih semangat dalam bekerja. Selain itu, ia juga berharap bantuan ini bisa meringankan beban mereka selama masa pandemi COVID-19 ini.

Tanto juga menjelaskan bahwa pihaknya juga membagikan 500 nasi kotak kepada pengemudi ojek daring yang melintas di depan Mayapada Komplek Jalan Mayjend Sungkono dan Jalan Gubernur Suryo.

"Pembagian makan siang ini  akan dilakukan selama sebulan, dengan jumlah total 1.000 nasi kotak setiap hari," kata dia.

Sementara itu, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menyampaikan terima kasih kepada Mayapada Group dan Tahir Foundation yang telah memberikan bantuan ini.

Baca juga: Presiden beri perhatian masyarakat lapisan bawah, sopir hingga kenek

Sebetulnya, kata Risma, bantuan mereka ini bukan yang pertama, tapi beberapa agenda pemkot juga dibantu oleh mereka, di antaranya Pesta Cak Kun yang biasa digelar setiap tahun dan juga beasiswa yang dibantu oleh Mayapada Group dan Tahir Foundation.

"Saya ucapkan terima kasih banyak. Semoga bantuan ini bisa meringankan beban warga Kota Surabaya," katanya.




 

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2020