Wanadri donasikan alat medis ke RSHS Bandung guna bantu atasi COVID-19

Wanadri donasikan alat medis ke RSHS Bandung guna bantu atasi COVID-19

Yayasan Wanadri memberikan donasi peralatan medis kepada Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung. (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)

Bandung (ANTARA) - Yayasan organisasi pecinta alam, Wanadri menyerahkan donasi berupa peralatan medis yang dibutuhkan untuk melengkapi perlengkapan intensive care unit (ICU) Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung guna membantu mengatasi virus corona penyebab COVID-19.

Ketua Yayasan Wanadri, Tri Wahyu mengatakan peralatan medis yang diserahkan tersebut merupakan hasil pengumpulan donasi yang digalang Yayasan Wanadri dari masyarakat.

"Memang banyak rumah sakit rujukan di Jawa Barat membutuhkan alat tersebut. Dari pengalaman saya, di tengah lonjakan jumlah pasien seperti sekarang harus ada langkah-langkah konkret dan taktis terkait pengadaan alat medis dan ICU untuk menekan jumlah pasien yang meninggal," kata Tri di Bandung, Kamis.

Baca juga: BUMN di Sumatera Selatan salurkan bantuan alat kesehatan

Dia yang juga berprofesi sebagai dokter, menjelaskan pada tahap pertama pihaknya telah menyerahkan donasi meliputi 2 unit hepafilter, 10 unit termometer, hingga 21 unit tensimeter. Tak hanya itu, pihaknya juga menyerahkan 20 hazmat suit dan 10 botol HC yang diperlukan oleh pasien positif COVID-19.

"Semoga adanya penyerahan bantuan ini bisa menggugah masyarakat untuk semakin bahu membahu dalam rangka menekan dampak pandemi virus corona. Kami juga berterima kasih kepada masyarakat khususnya PMB 70 dan Alumni ITB 75 yang telah bersama-sama membantu upaya mitigasi risiko pandemi ini," kata Tri Wahyu yang pernah menjabat sebagai Kepala Instalasi Gawat Darurat (IGD) di RSHS.

Sementara itu, Perwakilan RSHS dr Dewi Ayu mengatakan bantuan alat medis memang sangat dibutuhkan untuk menanggulangi peningkatan jumlah pasien positif corona di Jawa Barat. Ia pun mengaku bahwa saat ini pihaknya masih membutuhkan banyak peralatan medis dan ICU untuk merawat pasien positif COVID-19.

Baca juga: Sekolah di Pariaman bantu keluarga siswa miskin terdampak COVID-19

"Kami sangat berterimakasih atas sumbangan dan donasi ini. Alat-alat ini merupakan salah satu yang pasien betul-betul butuhkan sekarang karena akan segera operasionalkan ICU COVID-19," kata Dewi.

Yayasan Wanadri sendiri masih membuka kesempatan bagi masyarakat yang ingin berdonasi. Donasi dapat disalurkan melalui PT Bank Mandiri dengan nomor 1320070110011 atas nama YAYASAN WANADRI, atau Bank BJB dengan nomor 0779779779100 atas nama YAYASAN WANADRI.

Adapun untuk konfirmasi penyerahan bantuan bisa menghubungi Neni Herawati dengan nomor telepon 08111092792, atau menghubungi Tita Pathi 08122020137.

Hingga hari ini, total pengumpulan dana yang berhasil dihimpun Yayasan Wanadri mencapai Rp125.250.000 dan donasi berupa alat medis setara dengan Rp40.300.000.

Baca juga: IPDN bagikan 1.700 paket pangan untuk warga kurang mampu di Sumedang
Baca juga: Nadiem sebut pencairan KIP dipercepat
Baca juga: Ikatan Akuntan Indonesia beri bantuan alkes ke Kota Malang


Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Seorang dokter meninggal dunia akibat COVID-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar