Kota Malang dorong sektor industri kreatif pariwisata pada 2021

Kota Malang dorong sektor industri kreatif pariwisata pada 2021

Wali Kota Malang Sutiaji (tengah) pada saat pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah) Kota Malang Tahun 2021, melalui video conference, di Kota Malang, Jawa Timur, Kamis (9/4/2020). ANTARA/HO-Humas Pemerintah Kota Malang.

kemudahan investasi melalui penguatan SDM, penyederhanaan birokrasi, dan pemerataan infrastruktur
Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Pemerintah Kota Malang berupaya untuk mendorong sektor industri kreatif pariwisata termasuk kemudahan investasi, yang dijadikan program prioritas pembangunan Kota Malang pada 2021.

Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan pada 2021, prioritas pembangunan di kota terbesar kedua di Jawa Timur tersebut tidak hanya fokus pada aspek fisik semata, tetapi juga pembangunan aspek nonfisik, seperti penguatan sumber daya manusia (SDM).

"Pada 2021, kami mengacu pada peningkatan industri kreatif pariwisata, dan kemudahan investasi melalui penguatan SDM, penyederhanaan birokrasi, dan pemerataan infrastruktur," kata Sutiaji, di Kota Malang, Jawa Timur, Kamis.

Sutiaji menambahkan pembangunan fisik di Kota Malang, diantaranya adalah pembangunan Malang Creative Center (MCC), Mal Layanan Publik, dan Mal Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Sementara untuk pembangunan nonfisik, lanjut Sutiaji, diantaranya adalah penguatan industri kreatif dan ajang kreatif budaya. Penguatan tersebut perlu dilakukan karena berdampak pada ekonomi masyarakat.

Pada pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah) Kota Malang Tahun 2021, dilakukan melalui video conference, yang bertujuan untuk menekan penyebaran virus corona atau COVID-19.

Sutiaji menambahkan prioritas pembangunan harus berdasarkan isu yang berkembang dan menjadi kebutuhan masyarakat, serta sesuai dengan visi dan misi pemerintah. Oleh karena itu, Sutiaji juga akan mewadahi masukan dari masyarakat, yang dilakukan berjenjang dari tingkat RT.

Menurutnya, program pembangunan Kota Malang juga harus sejalan dengan program dari pemerintah pusat. Keselarasan tema pembangunan, itu menjadi kunci untuk pengembangan Kota Malang ke depan.

"Ini menjadi komitmen kita, sehingga keselarasan prioritas pembangunan, fokus pada pertumbuhan ekonomi berkualitas dan berkeadilan, SDM juga kita tata," tutup Sutiaji.

Baca juga: Pemkot Malang siapkan infrastrukur pengembangan ekonomi kreatif
Baca juga: Walikota ingin Malang jadi pusat pengembangan ekonomi kreatif

Baca juga: Presiden Jokowi teken PP KEK Singhasari, untuk pariwisata Malang
 

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Seniman lansia di kota Malang mendapat apresiasi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar