MUI Papua imbau warga tidak mudik, cegah penyebaran COVID-19

MUI Papua imbau warga tidak mudik, cegah penyebaran COVID-19

Ketua MUI Provinsi Papua K.H. Alpayage Syaiful Islami Alpayage. ANTARA/HO-Humas Polda Papua

Ini dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona
Jayapura (ANTARA) - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Papua K.H. Alpayage Syaiful Islami Alpayage mengimbau masyarakat di daerah itu menaati anjuran pemerintah untuk tidak mudik guna mencegah penyebaran virus corona baru (COVID-19).

"Saya ajak kepada masyarakat agar tidak melakukan perjalanan ke luar Papua atau sebaliknya, karena sangat dikhawatirkan tersebarnya virus corona," katanya di Jayapura, Kamis.

Lebih baik, kata dia, tinggal di rumah selama pandemi virus corona dengan harapan bisa memutus mata rantai penyebarannya yang belakangan ini kian masif.

"Jika kita mencintai diri kita sendiri, keluarga, dan sahabat-sahabat kita, mari tinggal di rumah. Kita bisa bersilahturahmi dengan keluarga dengan memanfaatkan sosial media, seperti Whatsapp, 'video call', dan lain-lain," katanya.

Silahturahim, lanjut dia, tidak harus dilakukan dengan bertatap muka atau bertemu.

"Tapi kita sebagai masyarakat dan sebagai anak bangsa agar menaati imbauan-imbauan yang dilakukan pemerintah dan aparat keamanan," katanya.

Baca juga: Gubernur imbau perantau Aceh tak mudik cegah COVID-19

Pemerintah dan aparat keamanan intensif memberikan imbauan kepada masyarakat untuk membatasi aktivitas di luar rumah, menghindari kerumunan, tidak melakukan kegiatan yang mendatangkan orang banyak.

"Ini dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona. Kami juga mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga diri, terapkan pola hidup sehat agar tidak tertular. Kita bisa memerangi dan menghindari virus corona bahkan kita bisa membasmi sampai ke akar-akarnya bilamana kita menaati anjuran pemerintah," katanya.

Ia juga meminta masyarakat mencermati berita-berita, terutama terkait dengan pandemi COVID-19, agar tidak menjadi korban hoaks.

"Dan kepada seluruh masyarakat untuk tidak terpengaruh dan menyebarkan berita-berita dengan sumber tidak jelas yang dapat menimbulkan keresahan di tengah masyarakat. Apabila ada informasi yang tidak jelas sumbernya dapat menghubungi kepolisian setempat," katanya.

Baca juga: Kapolda Papua imbau warga tidak mudik guna cegah persebaran corona
Baca juga: Gubernur Jatim minta kepala desa pantau isolasi mandiri pemudik
Baca juga: Presiden Jokowi: Pemberian bansos agar warga tidak mudik

Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar