Jakarta (ANTARA News) - Pelukis asal Argentina Jorge Canale akan memamerkan karyanya di Galeri Nasional Indonesia Jakarta mulai 25 Mei sampai 7 Juni mendatang.

"Dalam pameran ini, Canale akan menampilkan beberapa karya lukisannya. Untuk lokasi pameran berada di Gedung C," kata Kepala Seksi Pameran dan Edukasi Galeri Nasional Eddy Susilo di Jakarta, Selasa.

Pameran lukisan Jorge Canale itu merupakan pameran keempat dalam Mei ini dan digelar atas kerja sama Kedutaan Besar Argentina di Jakarta, Galeri Nasional, Direktorat Jenderal Nilai Budaya, Seni, dan Film Departemen Kebudayaan dan Pariwisata.

Sebelumnya digelar festival "Le Printemps Francais" kerja sama dengan Pusat Kebudayaan Prancis, yang memamerkan gambar "Lingne a Ligne" pada 5 sampai 16 Mei 2009.

Dalam waktu yang bersamaan 6 sampai 17 Mei juga digelar pameran bertema "Bohemian Carnival" yang merupakan pameran eksperimental karya anak muda Yogyakarta.

Pada 19 hingga 31 Mei 2009 digelar Pameran Seni Rupa Nusantara 2009 "Menilik Akar" dengan menampilkan karya 99 perupa yang berasal dari 21 provinsi. Pameran ini menampilkan berbagai ragam media ekspresi seni rupa, yaitu lukisan patung, gambar, grafis, karya instalasi, dan karya video.

"Untuk bulan Juni ada empat pameran. Namun yang satu, pameran (Jorge Canale) sudah dimulai tanggal 25 Mei," katanya menambahkan.

Pada Juni, Galeri Nasional mengagendakan pemeran patung F. Widayanto bertema "Semarak 30 Semar" yang juga menghadirkan seniman Selamet Gundono mulai 5 hingga 12 Juni 2009.

Tanggal 16-24 Juni 2009 digelar "Indonesian Contemporary Drawing" dengan kurator Asmujo, J Irianto dan Hardiman.

Sedangkan pada 26 Juni sampai 5 Juli 2009 digelar Pameran Tunggal Maestro Seni Lukis Indonesia Basuki Abdullah : Fakta dan Fiksi.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009