Jasad dua warga yang terseret arus sungai di Cianjur ditemukan

Jasad dua warga yang terseret arus sungai di Cianjur ditemukan

Petugas SAR mengevakuasi jasad dua warga yang dilaporkan hanyut di anak Sungai Cianjur yang bermuara di Sungai Citarum pada Jumat (10/4/2020). (ANTARA/HO BPBD Cianjur)

Cianjur, Jawa Barat (ANTARA) - Tim petugas pencarian dan pertolongan berhasil menemukan jasad dua warga Desa Galudra, Kecamatan Cugenang, yang terseret arus sungai di Cianjur setelah menyisir kawasan sungai.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur Irfan Sopyan saat dihubungi pada Jumat mengatakan jasad korban yang bernama Cua (50) ditemukan mengambang di sungai sekitar tiga kilometer dari lokasi korban dilaporkan hilang.

Jasad korban kedua yang bernama Dahlan (60), ia melanjutkan, ditemukan di wilayah Kecamatan Ciranjang, sekitar 35 kilometer dari lokasi korban dilaporkan hilang.

Setelah melakukan evakuasi, petugas membawa jasad kedua korban ke RSUD Cianjur untuk diperiksa dan kemudian menyerahkannya kepada keluarga masing-masing untuk dimakamkan.

Irfan menjelaskan, upaya pencarian kedua warga tersebut sempat terkendala derasnya arus sungai yang bermuara di Sungai Citarum. Upaya pencarian dilakukan hingga radius 35 kilometer dari lokasi awal korban dilaporkan hilang.

Menurut dia, dalam sepekan terakhir BPBD Cianjur menerima dua laporan mengenai warga yang hanyut terseret arus sungai di Kecamatan Cugenang.

Sebelum menerima laporan mengenai dua warga Desa Galudra yang hanyut di sungai, BPBD Cianjur mendapat laporan perihal hanyutnya pasangan suami istri yang hendak pulang usai bekerja di ladang.

Dalam kejadian tersebut sang istri ditemukan selamat, namun suaminya yang bernama Budi (46) ditemukan dalam keadaan tidak bernyawa setelah terseret arus sungai sejauh 35 kilometer.

"Arus sungai yang deras ditambah curah hujan yang tinggi sejak satu pekan terakhir membuat air sungai meluap tiba-tiba, terutama di sepanjang anak Sungai Cianjur yang bermuara ke Citarum. Sebagian besar wilayah Cianjur dilintasi anak sungai berarus deras," kata Irfan.

Baca juga:
Tim SAR gabungan cari warga yang hanyut di tempuran Sungai Opak-Code
Tim SAR Sukabumi cari jasad pria yang mencebur ke Sungai Cimandiri

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

8.516 Warga masih mengungsi akibat banjir di Konawe Utara

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar