Pengusaha muda Jakarta bantu warga terdampak COVID-19

Pengusaha muda Jakarta bantu warga terdampak COVID-19

Ketua Umum Badan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jakarta Barat Basuki Surodjo (kiri) secara simbolis menyerahkan bantuan Ayopeduli dan HIPMI Jaya berupa ribuan masker kain dan medis serta APD kepada masyarakat Jakarta dan diterima Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (kanan) di Jakarta, Kamis (9/4/2020). (ANTARA/HO-HIPMI Jaya)

Meski kena dampak ekononi karena wabah ini, kami juga turun tangan saling membantu. Semoga meringankan beban masyarakat khususnya warga DKI Jakarta. Saatnya kita bahu-membahu membawa hal-hal yang positif terhadap penanganan COVID-19
Jakarta (ANTARA) - CEO Airmas Group melalui program tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility/CSR) "AyooPeduli" berkolaborasi dengan HIPMI Jaya menyerahkan bantuan 10.000 masker kain dan 5.000 masker medis, alat pelindung diri (APD), serta cairan pembersih tangan (hand sanitizer) untuk penduduk Ibu Kota dan pihak terkait yang terdampak penyebaran virus corona (COVID-19).

"Kami menyerahkan paket bantuan itu langsung kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota Pemprov DKI," kata CEO Airmas Group Basuki Surodjo yang juga Ketua Umum Badan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jakarta Barat ini, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat.

Baca juga: HIPMI Jaya beri bantuan masker kain dan APD kepada Pemprov DKI

Aksi tersebut, katanya, seiring dengan seruan organisasi kesehatan dunia (WHO), Presiden Jokowi, dan Gubernur Anies bahwa sudah mewajibkan kepada setiap orang di Jakarta, menggunakan masker saat keluar rumah.

Sementara, AyooPeduli dan HIPMI Jaya, kata Basuki, menyadari bahwa dalam situasi saat ini, persediaan masker cukup terbatas dengan harga tinggi di pasaran, ditambah kondisi masyarakat yang sedang kesulitan secara ekonomi, sehingga pihaknya tergugah untuk berbagi masker kain kepada masyarakat DKI Jakarta, walaupun jumlahnya tidak banyak namun diharapkan dapat membantu masyarakat.

"Meski kena dampak ekononi karena wabah ini, kami juga turun tangan saling membantu. Semoga meringankan beban masyarakat khususnya warga DKI Jakarta. Saatnya kita bahu-membahu membawa hal-hal yang positif terhadap penanganan COVID-19," ujar Basuki.

Basuki menambahkan, pihaknya sebagai mitra strategis Pemprov DKI Jakarta akan berada paling depan membantu masyakat untuk menanggulangi penyebaran COVID-19 seperti ketika banjir melanda pada awal tahun.

Baca juga: Antisipasi kewaspadaan COVID-19, HIPMI Jaya tunda musda

Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia DKI Jakarta (HIPMI Jaya) Afifuddin Suhaeli Kalla juga menyampaikan bahwa kerja sama tersebut dilakukan, walaupun pihaknya sebagai pengusaha muda juga turut terkena imbas akibat COVID-19.

"Sebesar 70 persen omzet usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) turun. Namun, kami tetap harus berjuang. Beberapa kebijakan juga harus disesuaikan dengan kondisi saat ini,” ungkap pria yang akrab disapa Afie itu.

Afie juga menambahkan, pemberian masker ini merupakan sumbangan keempat kalinya, bantuan pertama hingga ketiga diberikan kepada rumah sakit dan Puskesmas di Jakarta. Donasi pertama berupa pemberian 500 botol pembersih tangan ukuran 100 mililiter kepada Pemerintah Kota Jakarta Pusat dan disalurkan untuk Puskesmas Jakarta Pusat, 44 kelurahan dan delapan kecamatan dan masyarakat Umum.

Baca juga: HIPMI Jaya usulkan keringanan pajak

Donasi kedua berupa pemberian APD, masker, vitamin, susu dan pembersih tangan ke RSCM, RSAB Harapan Kita, RS Tria Dipa, RS PON dan RS PGI Cikini. Donasi ketiga berupa paket serupa kepada RS Fatmawati, RS Prikasih Pondok Labu, dan Puskesmas Kebayoran Lama.

“Selain itu, HIPMI Jaya melalui Jaya Womenprenuer bersama komunitas @sekotak memberikan makanan untuk para Tim Medis di Rumah Sakit Umum Daerah Cilincing Jakarta Utara,” ungkap Afie.

Pewarta: Edy Sujatmiko
Editor: Taufik Ridwan
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Anies terima bantuan dari Hipmi Jaya dan APPI untuk cegah corona

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar