Satgas Covid-19 Unhas bagikan ribuan masker untuk warga

Satgas Covid-19 Unhas bagikan ribuan masker untuk warga

Tim Satgas COVID-19 Unhas membagikan masker kepada masyarakat sebagai upaya mencegah penularan COVID-19, Sabtu (11/4/2020). ANTARA/HO-Humas Unhas

kami juga menyampaikan edukasi via media elektronik
Makassar (ANTARA) - Satuan Tugas COVID-19 Universitas Hasanuddin membagikan ribuan masker dan edukasi pencegahan corona untuk masyarakat Kota Makassar, Sabtu.

Koordinator pembagian masker Prof Dr dr Nurpudji Astuti Daud MPH SpGK(K) menjelaskan, pembagian masker tersebut merupakan upaya mendukung imbauan pemerintah, dimana masyarakat diharapkan untuk menggunakan masker kain ketika beraktivitas di luar rumah sebagai upaya memutus mata rantai sebaran COVID-19.

"Kami menerima bantuan masker kain yang cukup banyak dari donatur. Olehnya itu, bantuan ini kami selaraskan dengan imbauan pemerintah yang menganjurkan agar seluruh masyarakat yang sehat agar menggunakan masker," katanya.

Satgas COVID-19 Unhas merupakan tim terpadu yang dibentuk khusus untuk merespon situasi wabah virus corona di Kota Makassar dan Sulawesi Selatan.

Baca juga: Satgas Unhas-pemkot bahas penanganan COVID-19 di Makassar
Baca juga: 4.295 pekerja di Makassar dirumahkan akibat wabah COVID-19


Selain melakukan pendataan (surveilance), pemantauan, pencegahan, hingga penanganan pasien, Satgas COVID-19 Unhas juga melakukan serangkaian kegiatan pengabdian langsung kepada masyarakat termasuk pembagian masker.

Sejak Jum’at (9/4), Satgas COVID-19 Unhas telah membagikan sebanyak 1.800 lembar masker kain kepada masyarakat yang bermukim di daerah berpenduduk pada, seperti daerah Jalan Pettarani, Jalan Sultan Hasanuddin, serta beberapa tempat yang masih banyak masyarakat berkumpul.

Selanjutnya akan menyusul lagi sebanyak 2.000 lembar masker.

Selain pembagian masker, Tim Satgas COVID-19 Unhas juga memberikan edukasi melalui beberapa platform.

"Selain menyampaikan langsung, kami juga menyampaikan edukasi via media elektronik dan sosial media. Satgas COVID-19 Unhas memiliki aplikasi dan link web yang berisi berbagai jawaban dari pertanyaan-pertanyaan umum terkait COVID-19. Selain itu kami juga menyiapkan konten video edukasi untuk masyarakat," kata Prof Nurpudji.

Baca juga: Polres Pelabuhan Makassar kerahkan "water canon" semprot disinfektan
Baca juga: Kodam Hasanuddin bagikan sembako untuk warga terdampak COVID-19


Kegiatan pembagian masker dan edukasi masyarakat merupakan sebagian dari tugas Tim Satgas COVID-19, yang lebih banyak terfokus pada upaya melengkapi Alat Pengaman Diri (APD) untuk tenaga medis.

"Distribusi dan donasi APD terus kami lakukan. Satgas Unhas telah melaksanakan rapid test untuk tenaga medis yang kontak dengan pasien COVID-19. Kami berharap kehadiran Tim Satgas COVID-19 Unhas bisa memberikan manfaat yang sebesar-besarnya," kata Prof Nurpudji.

Prof Nurpudji berharap kegiatan ini bisa meningkatkan kesadaran masyarakat untuk bersama-sama memutus rantai penyebaran COVID-19.

"Dengan masyarakat semakin teredukasi, semakin banyak yang menjaga diri dan keluarganya untuk tinggal di rumah, serta pemakaian masker yang lebih luas, kita harapkan laju pertumbuhan COVID-19 segera dapat dikendalikan," ujarnya.

Baca juga: PMI Makassar kolaborasi berbagai lembaga sosialisasi cegah COVID-19
Baca juga: Riwayat perjalanan Lansia positif COVID-19 di Sultra dari Makassar
Baca juga: Pasien COVID-19 di Sulsel berbagi cerita kesembuhannya

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar