Permias Nasional tegaskan tidak ada pelajar positif COVID-19

Permias Nasional tegaskan tidak ada pelajar positif COVID-19

Anggota Permias di Washington DC, Amerika Serikat, pada Selasa (12/2/2019) malam. (Dok TKN Jokowi-Ma'ruf)

Kami sampaikan bahwa informasi sebagaimana tertulis pada laman https://www.portal-islam.id/2020/04/kisah-nyata-mengharukan-pelajar.html?m=1 yang memberitakan bahwa saudari MQ menderita COVID-19 adalah tidak benar
Bekasi (ANTARA) - Persatuan Mahasiswa Indonesia di Amerika Serikat (Permias) Nasional menyatakan tidak ada  pelajar Indonesia di AS yang terinfeksi COVID-19.

"Sesuai laporan yang diterima Satgas COVID-19 Permias Nasional per tanggal 10 April 2020 menunjukkan bahwa tidak ada  pelajar yang terinfeksi COVID-19," Ketua Satgas COVID-19 Permias Nasional Alvinsyah Adhityo Pramono dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Pernyataan tersebut menanggapi pemberitaan adanya salah satu  pelajar Indonesia di Amerika Serikat yang menderita COVID-19.

"Kami sampaikan bahwa informasi sebagaimana tertulis pada laman https://www.portal-islam.id/2020/04/kisah-nyata-mengharukan-pelajar.html?m=1 yang memberitakan bahwa saudari MQ menderita COVID-19 adalah tidak benar", kata dia.

Bahwa benar saudari MQ adalah mahasiswa salah satu universitas di New York, Amerika Serikat.

Saudari MQ sempat mengalami batuk dan sesak nafas selama 2-3 hari. Hal ini juga telah beliau sampaikan pada survei kesehatan Permias Nasional pada tanggal 19 Maret 2020.

Satgas COVID-19 Permias Nasional melakukan tindak lanjut dengan menghubungi saudari MQ beberapa hari setelah pengisian survey. Pada saat dihubungi, kondisi saudari MQ telah kembali sehat.

Satgas COVID-19 telah berkomunikasi secara langsung dengan saudari MQ untuk mengonfirmasi kondisi kesehatan dan kebenaran pemberitaan dimaksud.

Sampai dengan saat ini, Tim Satgas COVID-19 Permias Nasional telah melakukan verifikasi pendataan 4.198
pelajar Indonesia yang tersebar di 50 negara bagian AS.

Selain itu juga dilakukan pembaruan informasi  mingguan kondisi pelajar Indonesia melalui survei kesehatan berkelanjutan dengan para Ketua
Permias cabang se-Amerika Serikat serta berkoordinasi rutin dengan KBRI Washington DC dan KJRI se-Amerika Serikat.

Ia berharap rekan-rekan pelajar Indonesia di Amerika Serikat tetap bersikap tenang dan tidak panik dalam merespons perkembangan pemberitaan di tengah wabah COVID-19.

Namun demikian, ia menghimbau rekan-rekan untuk senantiasa mengamati perkembangan dan mengikuti rekomendasi resmi dari pemerintah.

"Kami juga akan terus melaporkan kondisi pelajar  Indonesia di Amerika Serikat secara berkala melalui akun instagram @permias.nasional," ujar dia.

Baca juga: Tim COVID-19 Permias sediakan konseling bagi pelajar Indonesia di AS
Baca juga: TKN bertemu Permias di Washington

Pewarta: Azis Kurmala
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Akhirnya, roket Starship sukses mendarat

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar