E-Sport

Liga libur, pesepak bola Indonesia ramaikan turnamen esports PUBG

Liga libur, pesepak bola Indonesia ramaikan turnamen esports PUBG

Logo turnamen esports PUBG Mobile bertajuk Esports x Football yang digagas oleh Indonesia Esports Association (IESPA). (ANTARA/HO-IESPA)

Jakarta (ANTARA) - Pesepak bola Indonesia akan ambil bagian pada turnamen persahabatan bertajuk Esports x Football bersama para pemain esports profesional untuk memainkan gim PUBG Mobile di tengah kekosongan kompetisi akibat pandemi virus corona.

"Tujuan awalnya untuk mengisi kekosongan bagi teman-teman yang di rumah aja jadi bisa ada tontonan fun match. Untuk mendukung social distancing juga," ujar Ketua Harian Pengurus Nasional IESPA Ibnu Riza Pradipto kepada ANTARA di Jakarta, Sabtu.

Pertandingan persahabatan Esports x Football ini merupakan program yang digagas oleh Indonesia Esports Association (IESPA) sebagai bentuk dukungan gerakan #dirumahaja dan social distancing dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) demi terhindar dari penyakit virus corona (COVID-19).

Baca juga: Derby della Madoninna hijrah ke lapangan virtual
Baca juga: Pesepak bola Inggris akan bertarung pada FIFA 20


Total ada 17 pesepak bola yang akan turut meramaikan turnamen PUBG Mobile itu, di antaranya Hamka Hamsah (Persita), Teja Paku Alam (Persib Bandung), Nadeo Argawinata (Bali United), Alfin Tuasalamony (Madura United), Feri Pahabol (Persipura), Bagas Adi (Arema FC), dan Bagus Kahfi dan Bagas Kaffa (Barito Putera).

Ibnu mengungkapkan, PUBG Mobile dipilih menjadi gim yang dipertandingkan karena menurutnya gim tersebut mempunyai peminat yang cukup banyak di kalangan atlet Indonesia, terutama pemain sepak bola.

Turnamen Esports x Football ini sebenarnya sudah digelar pertama kali pada pekan lalu. Pertandingan tersebut, kata Ibnu, berhasil menyedot animo netizen untuk ikut meramaikan.

Pada seri pertamanya, pertandingan yang disiarkan langsung melalui akun Facebook RBG Esports itu berhasil menarik perhatian sekitar 13.000 penonton. Selain itu, ada sekitar 300 orang yang juga berpartisipasi ambil bagian memainkan gim PUBG Mobile bersama.

Baca juga: Dybala kalahkan Bale dalam pertandingan amal video game
Baca juga: Tandai season ke-12, PUBG Mobile suguhkan pengalaman tempur anyar


"Kalau bagian dua ini yang membedakan dari sebelumnya adalah pertama, influencer-nya lebih banyak, pemain bolanya juga lebih banyak," tutur Ibnu.

"Kita juga ada leaderboard-nya. Dalam artian agar memacu pesepak bolanya agar berasa seperti pemain esports. Jadi nanti ada peringkatnya di situ," katanya lagi.

"Terus nanti timnya juga diacak, perpaduan antara atlet esports dan pemain sepak bola. Jadi adil dan gak timpang."

Selain pesepak bola, sejumlah nama beken di dunia esports juga akan berjibaku memainkan jari-jarinya di atas layar ponsel. Mereka adalah, Boom.ID Ladies, DVS Ladies, ONIC Ladies, XCN Gaming, Aura, Louvre, dan GeekFam.

Pertandingan tersebut bisa disaksikan langsung di akun YouTube Yamisok pada Sabtu (11/4) pukul 21.00 WIB.

Baca juga: Legenda dunia balap kini kepincut pula balapan virtual
Baca juga: Lando Norris semakin populer di dunia balap virtual

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar