Liga Inggris

Gabon desak Aubameyang cari klub yang lebih hebat dari Arsenal

Gabon desak Aubameyang cari klub yang lebih hebat dari Arsenal

Striker Arsena Pierre-Emerick Aubameyang. (AFP/DANIEL LEAL-OLIVAS)

Jakarta (ANTARA) - Pierre Alain Mounguengui, presiden asosiasi sepak bola Gabon (FEGAFOOT), meragukan Pierre-Emerick Aubameyang akan memenangkan trofi kalau terus bersama Arsenal dan untuk itu dia mendesak rekan senegaranya itu untuk mencari "klub yang lebih ambisius" ketimbang The Gunners.

Striker berusia 30 tahun itu menjadi salah satu yang memuncaki daftar pencetak gol terbanyak Liga Inggris musim lalu dengan 22 gol, tetapi tidak pernah lagi mengangkat trofi juara sejak pindah pada 2018 dari Borussia Dortmund ke Emirates Stadium.

Mounguengui menganggap Arsenal tidak sehebat klub-klub besar Eropa lainnya sehingga tidak bisa menampung ambisi besar Aubameyang memenangkan trofi juara.

Baca juga: Bek kanan Arsenal jadi rebutan Atletico dan Sevilla

Baca juga: Kontrak segera habis di Chelsea, Pedro akan gabung AS Roma?


"Saya tak mau bilang Arsenal tidak ambisius, tapi Arsenal memang tak punya ambisi setinggi klub-klub lainnya di Eropa," kata Mounguengui kepada ESPN.

"Jadi seandainya Pierre bisa mengamankan kontrak dengan klub yang lebih ambisius, maka dia sudah pasti akan mendapatkan tempatnya di sana."

"Pada level individual, kita semua menganggap dia sebagai di antara pemain-pemain hebat di dunia, tetapi saran yang saya berikan kepada dia adalah terus bekerja dan tariklah perhatian klub-klub terbesar dan klub-klub paling ambisius," sambung Mounguengui.

Sekalipun selalu mengoleksi gol sampai dua digit dalam sembilan musim terakhir di Prancis, Jerman dan kini Inggris, Aubameyang hanya satu kali mengangkat Piala Jerman, sekali Piala Super Jerman dan sekali Piala Liga Prancis, padahal konsisten mengerikan di depan gawang lawan.

Baca juga: Mane akan maklum jika Liverpool tak jadi juara liga

Baca juga: PFA anggap pemerintah Inggris demonisasi pesepak bola saat pandemi


Sejak direkrut The Gunners pada 2018 dengan menyandang pencetak gol terbanyak Bundesliga, dia harus puas dengan dua kali berstatus runner up pada Piala Carabao 2018 dan Liga Europa musim lalu.

Tahun ini dia disebut-sebut akan lompat pagar ke Inter Milan atau Barcelona.

"Aubameyang itu pemain kelas dunia," kata Mounguengui, namun bagi dia atau siapa pun di Eropa yang tidak pernah memenangkan penghargaan besar, sepak bola adalah permainan kolektif."

Aubameyang yang mencetak 17 gol sebelum musim ini dihentikan karena virus corona, sedang berada pada tahun terakhir kontraknya di Emirates. Mounguengui menegaskan dia tidak terlalu terlambat untuk mencari klub lebih besar dari Arsenal, demikian ESPN.

 

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Direksi TVRI patahkan alasan Dewas pecat Helmy soal tayangan asing

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar