sosialisasi luas ini diperlukan agar masyarakat menyadari, ada opsi belanja daring di pasar-pasar tradisional sehingga kebutuhan sehari-hari tercukupi dengan baik, di tengah pendemi COVID-19.
Surabaya (ANTARA) - DPRD Kota Surabaya meminta Perusahaan Daerah Pasar Surya menyosialisasikan belanja di pasar tradisional secara daring sebagai upaya mengantisipasi penyebaran dan penularan COVID-19 kepada masyarakat di Kota Pahlawan, Jawa Timur.

"PD Pasar Surya hendaknya menyosialisasikan opsi berbelanja daring di pasar-pasar tradisional," kata Ketua DPRD Surabaya Adi Sutarwijono di Surabaya, Minggu.

Sosialisasi itu, lanjut dia, bisa dilakukan melalui jaringan RT, RW, LPMK, lurah, camat, dan saluran-saluran media sosial yang dikelola Pemkot Surabaya baik twitter, facebook, instagram maupun whatsaap grup.

Baca juga: Belanja di pasar tradisional Surabaya bisa dilakukan secara daring

Menurut dia, sosialisasi luas ini diperlukan agar masyarakat menyadari, ada opsi belanja daring di pasar-pasar tradisional sehingga kebutuhan sehari-hari tercukupi dengan baik, di tengah pendemi COVID-19.

"Di tengah imbauan pemerintah untuk menjaga jarak, physical distancing yang tujuannya untuk memutus mata rantai Virus Corona, memang harus terus dicari cara-cara kreatif dan cerdik dan roda ekonomi Kota Surabaya terus bergerak," ujarnya.

Tentunya, lanjut dia, pedagang pasar pun tidak gulung-tikar karena masih terjadi transaksi jual-beli dengan masyarakat terkait kebutuhan bahan-bahan pokok.

"Saya yakin, opsi berbelanja daring di pasar-pasar tradisional bisa disambut positif oleh masyarakat, di tengah seruan pemerintah agar tetap di rumah untuk memutus mata rantai COVID-19," kata Ketua DPC PDIP Surabaya ini.

Tidak hanya pasar-pasar tradisional yang dikelola PD Pasar Surya, lanjut dia, melainkan daftar pedagang di pasar-pasar tradisional di Surabaya yang dikelola LKM atau swasta sebaiknya juga dicantumkan.

"Fitur-fitur belanja daring itu harus dilengkapi lokasi, jenis-jenis barang kebutuhan pokok, barang-barang kebutuhan lainnya beserta harga-harganya," katanya.

Baca juga: Pasar rakyat di Denpasar dipasangi bilik antiseptik cegah COVID-19

Direktur Pembinaan Pedagang PD Pasar Surya Surabaya, M. Taufiqurrahman mengatakan belanja daring adalah layanan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat tanpa masyarakat datang atau berbelanja ke pasar.

"Jadi kebutuhan masyarakat tetap bisa terlayani, tetapi pembeli tidak perlu datang ke pasar. Cukup dengan telepon," katanya.

Menurut dia, PD Pasar Surya akan mengunggah nama dan nomor telepon pedagang di laman https://pasarsurya.surabaya.go.id. Nama dan nomor telepon pedagang tersebut akan dikelompokkan berdasarkan pasar masing-masing.

"Lalu klik menu belanja daring, pilih cabang area dan pilih pasarnya. Pastikan pembeli memilih pasar yang paling dekat dengan domisilinya," ujarnya.

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2020