BNI jadi bank pembayar insentif Kartu Prakerja

BNI jadi bank pembayar insentif Kartu Prakerja

Direktur Layanan dan Jaringan BNI Adi Sulistyowati (kiri) dan Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Purbasari (kanan) berfoto usai menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) terkait Program Kartu Pra Kerja di Jakarta, Maret 2020. ANTARA/HO-BNI/pri.

sistem pengelolaan dana program itu terintegasi dengan Project Management Office (PMO) Kartu Pra Kerja dalam mengelola dana insentif agar tersalurkan akurat, efektif, dan efisien
Jakarta (ANTARA) - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau Bank BNI menjadi bank pembayar insentif pelatihan dan survei serta menjadi penyedia sistem pengelolaan dana program Kartu Prakerja.

"Kami berperan sebagai pengelola aliran dana Kartu Prakerja, pembayaran insentif dan uang survei peserta juga mengelola pembayaran insentif pelatihan," kata Direktur Layanan dan Jaringan BNI Adi Sulistyowati di Jakarta, Minggu.

Menurut dia, sistem pengelolaan dana program itu terintegasi dengan Project Management Office (PMO) Kartu Pra Kerja dalam mengelola dana insentif agar tersalurkan akurat, efektif, dan efisien.

BNI juga menjadi bank yang akan memastikan kebutuhan seluruh pemangku kepentingan dalam penyaluran Kartu Prakerja ini terpenuhi.

Adapun kebutuhan itu, lanjut dia, dalam pembukaan rekening bagi peserta Kartu Prakerja yakni mereka para pencari kerja dan korban pemutusan hubungan kerja (PHK).

Kemudian, bank BUMN ini berperan membukakan rekening bagi lembaga atau balai pelatihan, yaitu Balai Latihan Kerja Kementerian Ketenagakerjaan, Balai Latihan Kerja Luar Negeri (BLKLN), dan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK).

Selain itu, membukakan rekening marketplace dan perusahaan pembayaran digital yang menjadi mitra kerja pemerintah dalam menyalurkan insentif Kartu Prakerja.
Baca juga: Menko Perekonomian: Pendaftaran program Kartu Pra Kerja resmi dibuka
Baca juga: Kemarin, pembukaan pendaftaran kartu pra kerja hingga warung tetangga


Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja atau buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan atau pekerja atau buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Program ini diharapkan juga membantu kelompok yang terdampak wabah virus Corona jenis baru atau COVID-19.

Untuk mengikuti program ini, masyarakat harus mendaftar situs resmi program, yaitu www.prakerja.go.id dan nanti ada persetujuan dari PMO.

Apabila pendaftar sudah disetujui sebagai peserta Program Kartu Prakerja, pembayaran insentif pelatihan dan uang survei dapat dilakukan melalui rekening BNI, atau OVO, dan Link Aja.

Pembayaran insentif dilakukan setelah peserta menyelesaikan proses pelatihan atau kursusnya.

Sebagai mitra resmi dalam program Kartu Prakerja, BNI menyelenggarakan sistem pengeloaan dana, melakukan pembayaran manfaat untuk marketplace, pembayaran insentif peserta, hingga pembayaran ke BLK dan LPK.

"Kami juga memberikan kemudahan kepada para pencari kerja yang belum memiliki rekening dengan berbagai kemudahan dan penawaran khusus," ujarnya.
Baca juga: Laba bersih BNI Januari-Februari 2020 meningkat 22,3 persen
 

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Royke Sinaga
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang IV dibuka Sabtu siang

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar