Berdasarkan laporan dari sejumlah manajemen hotel sekarang ini mereka telah merumahkan 500 karyawan sebagai tindakan efisiensi agar tetap bisa bertahan beroperasi
Palembang (ANTARA) - Sekitar 2.000 lebih karyawan hotel di Kota Palembang, Sumatera Selatan, terancam Pemutusan Hubungan Kerjanya (PHK) karena okupansi atau tingkat hunian kamar terus menurun terdampak wabah Corona Virus Disease 19 (COVID-19) dalam beberapa bulan terakhir.

"Berdasarkan laporan dari sejumlah manajemen hotel sekarang ini mereka telah merumahkan 500 karyawan sebagai tindakan efisiensi agar tetap bisa bertahan beroperasi, namun jika keadaan terus memburuk akan lebih banyak lagi karyawan yang dirumahkan bahkan di-PHK," kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatera Selatan, Herlan Aspiudin di Palembang, Minggu.

Tingkat hunian kamar hotel di Palembang dan daerah lain di Sumatera Selatan bergerak turun sejak Februari dan hingga April 2020 hanya sekitar 5-10 persen dari kapasitas kamar yang tersedia.

Baca juga: PHRI sebut 1.266 hotel tutup karena terdampak COVID-19

Untuk mengatasi anjloknya tingkat hunian kamar hotel karena dampak pandemi COVID-19, pihaknya mendorong manajemen hotel melakukan berbagai tindakan efisiensi seperti mengurangi karyawan yang bekerja dengan merumahkan sementara dan membuat paket promo.

Dengan melakukan efisiensi tersebut, sebagian besar hotel di provinsi ini masih bisa bertahan beroperasi meskipun secara bisnis merugi dan sedapat mungkin didorong tidak melakukan PHK.

Sedangkan hotel yang tidak mampu mempertahankan operasionalnya dan mengambil kebijakan menutup sementara sebagai dampak menurunnya tingkat hunian kamar terus bertambah.

Baca juga: PHRI akui kemungkinan tak semua hotel bisa bayar THR karyawan

Hotel berbintang di Kota Palembang yang melakukan penutupan sementara sekarang ini ada lima yakni Hotel Santika Bandara, Aryaduta, Sandjaya, Shofa Marwah, dan Hotel Sentosa.

"Jika kondisi tersebut terus memburuk, akan lebih banyak lagi anggota PHRI menutup kegiatan usaha mereka, karena pemasukan tidak sesuai dengan biaya operasional yang dikeluarkan setiap harinya," ujar Herlan.

Baca juga: Tingkat hunian anjlok, hotel tutup di Palembang terus bertambah

 

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020