Jakarta (ANTARA) - Mantan kiper Chelsea dan Inggris Peter Bonetti meninggal dunia pada usia 78 tahun setelah lama berjuang melawan sakit, demikian pengumuman klub Liga Premier tersebut, Minggu.

Dijuluki "The Cat" karena refleksnya yang cepat di gawang, Bonetti tampil 729 kali bagi klub London tersebut dalam dua periode antara 1960 dan 1979 -- urutan kedua dalam daftar penampilan sepanjang masa klub tersebut di bawah mantan pemain bertahan Ron Harris.

"Klub sepak bola Chelsea sangat berduka mengumumkan berpulangnya pada hari ini salah satu pemain hebat kami yang tak terbantahkan Peter Bonetti," kata klub tersebut dalam pernyataannya seperti dikutip Reuters, Minggu.

"Mantan kiper kami telah lama menderita sakit. Semua di Chelsea ingin menyampaikan belasungkawa yang tulus bagi keluarga dan teman-teman Peter."

Bonetti lebih dari 200 kali tidak kebobolan bagi klub tersebut selama lebih dari dua dekade dan ia juga tujuh kali tampil bagi Inggris.

Ia adalah kiper cadangan dari Gordon Banks dalam skuat yang memenangi Piala Dunia 1966, namun ia tidak pernah memainkan satu pertandingan pun dalam turnamen tersebut.

Akan tetapi, ia disalahkan atas kekalahan pada perempat final Piala Dunia 1970 ketika Inggris, memimpin 2-0 pada babak kedua, namun akhirnya kalah 2-3. Ia masuk ke dalam tim setelah Banks menarik diri akibat keracunan makanan.

Setelah pensiun, ia menjadi pelatih kiper untuk Inggris, Chelsea, Newcastle United, Fulham dan Manchester City.

"Perhatian kami bagi teman dan keluarga mantan pelatih kiper City Peter Bonetti bersama dengan semua di @ChelseaFC menyusul kabar duka atas kepulangannya," kata Manchester City dalam cuitannya.

Baca juga: Chelsea gratiskan hotel untuk para petugas kesehatan nasional

Baca juga: Liga Premier terancam denda Rp15,3 triliun bila musim tak berlanjut

Baca juga: PFA kuatir pemotongan gaji pemain akan kurangi pendanaan medis Inggris

Pewarta: Fitri Supratiwi
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2020