Jakarta (ANTARA) - Dalam rangka memperingati 70 Tahun Hubungan Diplomatik RI-China yang jatuh pada 13 April 2020, telah diluncurkan secara daring sampul dan perangko yang menggambarkan persahabatan kedua negara.

Peluncuran perangko tersebut dilakukan melalui kerja sama antara Kementerian Luar Negeri RI, KBRI Beijing, dan PT Pos Indonesia, serta Kedubes China di Jakarta dan China Post.

Dalam keterangan tertulis Kemlu RI, Senin, dijelaskan bahwa sampul dan keempat perangko memuat logo peringatan 70 tahun, yaitu Panda dan Garuda Emas.

Selain itu, ditampilkan pula beberapa kekhasan dari kedua negara, seperti Barong Bali dan Barong Sai, Candi Borobudur dan Tembok Raksasa, serta keindahan alam Raja Ampat, Provinsi Papua Barat dan Sungai Li di Kota Guilin, Provinsi Guangxi.

Baca juga: China percaya kemitraannya dengan Indonesia tak terganggu wabah corona
Baca juga: Menkes nyatakan siap jika Indonesia bantu China atasi Virus Corona


Burung Garuda memiliki makna yang kuat dan jaya, sedangkan Panda memiliki simbol filosofis kedamaian. Sementara Barong Bali dan Barong Sai menunjukkan kekayaan peradaban dan kedekatan budaya antara Indonesia dan China.

Penggabungan simbol dan makna ini menggambarkan persahabatan kedua rakyat yang erat dan berkontribusi positif bagi kemakmuran dan perdamaian dunia.

Didasari hubungan sejarah yang telah terjalin sejak ratusan tahun lalu, penguatan Kemitraan Strategis Komprehensif RI-China selama ini telah menghasilkan berbagai capaian konkret bagi kemajuan pembangunan nasional kedua negara.

China merupakan mitra dagang terbesar Indonesia dan salah satu investor terbesar di Indonesia. Kedekatan ini juga ditandai dengan terus meningkatnya saling kunjung di antara masyarakat kedua negara.

Berbagai program kegiatan untuk memperingati 70 Tahun Hubungan Diplomatik RI-China akan dilakukan sepanjang 2020, baik di Indonesia maupun di China.

Rangkaian peringatan akan mengedepankan semangat persahabatan serta sinergi dan kolaborasi guna menyongsong kerja sama bilateral yang semakin kokoh dan nyata di berbagai bidang.

Baca juga: China persiapkan peluncuran Palapa-N1 dari Sichuan
Baca juga: Pengusaha China sumbang alat kesehatan melalui KJRI Shanghai

Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2020