Bandung (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Jabar meminta dan mengajak generasi muda yang tergabung dalam Karang Taruna Jabar bergerak menanggulangi COVID-19 karena sebagai organisasi yang dekat dengan masyarakat, Karang Taruna dapat menyosialisasikan protokol pencegahan penyebaran COVID-19 di semua daerah Jabar.

“Karang Taruna harus jadi orang pertama yang terlihat paling gembira, menebar senyum, menyemangati, mengeluarkan kalimat-kalimat positif. Tunjukkan dengan keteladanan, karena kepemimpinan terbaik adalah kepemimpinan dengan keteladanan,” kata Gubernur Jabar M Ridwan Kamil atau Kang Emil saat menggelar pertemuan via video conference bersama Ketua Karang Taruna Kabupaten/Kota se-Jabar di Gedung Negara Pakuan, Kota Bandung, Senin.

Baca juga: Gubernur Jabar siapkan kajian PSBB untuk Bandung Raya
Baca juga: Gubernur Jabar keluarkan instruksi baru kepada bupati/wali kota


Kang Emil memaparkan tiga tahap aksi kerelawanan yang dapat dilakukan Karang Taruna se-Jabar, yakni edukasi pencegahan penularan dan penyemprotan desinfektan, memastikan tidak ada warga yang lapar, serta menjadi relawan kesehatan.

“Kita fokus sekarang ke tahap kedua, yaitu relawan bantuan sosial dari corona (warga terdampak COVID-19),” ucapnya. “Karang taruna harus memastikan tidak ada warga Indonesia di tanah Jawa Barat yang mengalami lapar,” katanya.

Pemerintah Provinsi Jabar sudah mengelompokkan warga terdampak COVID-19. Pertama, warga yang sudah terdata dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Kedua, warga rawan miskin baru dan terakhir, perantau.

Menurut Kang Emil, pihaknya akan menggagas Gerakan Nasi Bungkus atau Gasibu. Semua pihak, mulai dari BUMD, mahasiswa, perusahaan swasta, sampai masyarakat umum, dapat ikut dalam gerakan tersebut. Kemudian, akan ada dapur umum di setiap kelurahan di lima wilayah yang memberlakukan PSBB.

Baca juga: Gubernur: PSBB lima wilayah di Jabar mulai 15 April

Kehadiran Gasibu dan dapur umum bertujuan untuk memastikan semua masyarakat Jabar dapat memenuhi kebutuhan pokok sehari-harinya. Agar dua gerakan itu berjalan, Kang Emil meminta Karang Taruna se-Jabar berkontribusi.

“Dengan gerakan nasi bungkus itu, kita memastikan tidak ada manusia kelaparan di jalan, kepada mereka yang ternyata tidak terdaftar (di kelompok penerima bantuan),” katanya.

“Dapur umumnya di kelurahan, tolong hubungi pak Lurah-nya. Kemudian yang masaknya PKK, dan tidak boleh ada kerumunan. Jadi bukan orang lapar mendatangi dapur, justru tugas Karang Taruna adalah memetakan ada berapa potensi kelaparan di wilayahnya, dilaporkan, kalau dia tidak termasuk daftar penerima bantuan, Karang Taruna membagikan,” tambahnya.

Selain itu, Kang Emil meminta Karang Taruna se-Jabar untuk memantau pandataan penerima bantuan, termasuk bagi warga yang memiliki KTP di luar wilayah domisilinya saat ini.

"Memang tugas utamanya ada di Dinsos (Dinas Sosial), Karang Taruna ini lapis 'penyapu', memastikan tidak ada (warga) yang terlewat (pendataan)," katanya.

“Nanti saya buat surat tugas Karang Taruna untuk membantu sampai memverifikasi, menyisir mereka-mereka yang terlewat,” ujarnya.

Baca juga: Gubernur: Perantau diberi bantuan selama PSBB di lima wilayah Jabar
Baca juga: Labkesda Jabar mampu periksa 1.200 sampel COVID-19 per hari

 

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2020