Diharapkan momentum peringatan 70 Hubungan Diplomatik Indonesia-Tiongkok ini akan semakin memperkokoh kemitraan strategis komprehensif yang telah terjalin di segala bidang dan menjadi landasan untuk mendorong kemajuan dan kesejahteraan kedua negara
Jakarta (ANTARA) - Duta Besar RI untuk China merangkap Mongolia Djauhari Oratmangun meluncurkan logo peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-China.

Peluncuran logo dan perangko itu dilakukan melalui konferensi video bersama jajaran Konsulat Jenderal RI di China, Senin.

Peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Republik Indonesia-Republik Rakyat China itu juga ditandai dengan pemberian ucapan selamat oleh Kepala Negara dan Menteri Luar Negeri kedua negara melalui pertukaran surat.

"Diharapkan momentum peringatan 70 Hubungan Diplomatik Indonesia-Tiongkok ini akan semakin memperkokoh kemitraan strategis komprehensif yang telah terjalin di segala bidang dan menjadi landasan untuk mendorong kemajuan dan kesejahteraan kedua negara," ujar Dubes.

Menurut dia, logo peringatan tersebut memiliki makna yang mendalam.

Baca juga: China Puji Indonesia Jaga Stabilitas Kawasan
Baca juga: KJRI Shanghai daulat pelajar ujung tombak diplomasi


Warna kuning emas pada logo tersebut melambangkan hubungan Indonesia-China yang sedang berada pada periode emas dan menyiratkan prospek perkembangan yang gemilang bagi kedua negara dan hubungan bilateralnya di masa mendatang.

Gambar panda dan burung garuda menjadi simbol kebesaran kedua negara. Keduanya berdampingan erat membentuk angka 70 yang menandai momen historis penting peringatan hubungan diplomatik Indonesia-China.

Pada bagian tengah logo terdapat bendera nasional kedua negara yang cemerlang dan melambai tertiup angin di atas latar belakang emas.

Hal itu menunjukkan bahwa Indonesia dan China sebagai mitra yang setara dan saling menguntungkan serta persahabatan sepanjang masa.

Pada bagian bawah logo terdapat tulisan "70 Tahun Indonesia-Tiongkok" dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Mandarin.

Berbagai rangkaian kegiatan Peringatan 70 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-China akan diselenggarakan sepanjang tahun ini, di antaranya melalui publikasi di media massa kedua negara, penyelenggaraan seminar secara daring (webinar), peluncuran e-book mengenai 70 Tahun Hubungan Indonesia-China, dan lomba menyanyi lagu Indonesia bagi penutur asing. 

Baca juga: Indonesia diharapkan jalankan diplomasi kemanusiaan terkait Uighur
Baca juga: Dubes RI dorong kolaborasi riset dengan perusahaan China

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2020