Anti Hoax

Cek fakta: Benarkah listrik di Jakarta Selatan akan padam karena kabel meledak?

Cek fakta: Benarkah listrik di Jakarta Selatan akan padam karena kabel meledak?

Petugas PLN membantu penanganan kabel listrik di jalan Panglima Polim, Jakarta Selatan setelah kejadian kebakaran kabel optik bawah tana, Senin (13/4/2020) (ANTARA/HO-Damkar Jaksel)

Jakarta (ANTARA/JACX) - Listrik di Jakarta Selatan akan padam karena terjadi ledakan kabel bawah tanah milik PLN, demikian informasi yang beredar dan menarik perhatian sejumlah warganet lewat aplikasi WhatsApp ataupun media sosial Twitter

Dalam unggahan di Twitter, sang pemilik akun menyebut peristiwa ledakan kabel bawah tanah PLN di jalan Fatmawati Raya atau ujung jalan Cipete Raya akan memicu pemadaman listrik.

Berikut narasi unggahan itu:

"Sekedar menginfokan : Di himbau mempersiapkan alat penerangan seperti lilin dan sebagai nya kemungkinan terjadi pemadaman listrik...,karna telah terjadi peristiwa kabel PLN di bawah tanah meledak...,tepat nya di jalan Fatmawati Raya ( Ujung Jalan Cipete Raya ) Harap Maklum"

Selain narasi, unggahan tersebut juga menyertakan sebuah video tentang kebakaran kabel listrik di sebuah jalan dan menarik perhatian masyarakat yang melewati jalan itu.

Unggahan pada Senin (13/4) siang itu lantas mendapatkan 23 balasan dari pengguna lain, disukai oleh 221 pengguna lain, dan diunggah ulang oleh 158 pengguna lain.

Namun, apakah PLN akan memadamkan listrik di wilayah Jakarta Selatan karena peristiwa ledakan kabel seperti tampak dalam video itu?
 
Tangkapan layar unggahan misinformasi terkait pemadaman listrik di Jakarta Selatan karena peristiwa kabel bawah tanah milik PLN yang meledak. (Twitter)


Penjelasan:

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya Ikhsan Assad, dalam keterangan tertulisnya, menyampaikan perusahaan milik negara bidang energi itu tidak akan memadamkan listrik di Jakarta Selatan.

"PLN menyatakan bahwa berita tersebut adalah hoaks," ujar Ikhsan.

Namun, Ikhsan mengakui terdapat laporan kebakaran kabel tanah di jalan Panglima Polim pada Senin (13/4) pukul 10.17 WIB.

"Kurang dari setengah jam semenjak laporan diterima, petugas PLN sudah berada di lokasi dan bergabung dengan petugas pemadam kebakaran untuk langsung mematikan api dan melokalisir wilayah agar padam tidak meluas," kata Ikhsan.

PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya mengonfirmasi terdapat satu pelanggan yang terdampak pemadaman listrik akibat kabel tanah yang terbakar di Panglima Polim itu.

Dalam berita Antara, dugaan sementara kebakaran akibat korsleting pada kabel optik yang sudah tidak terawat. Panjang kabel mencapai 10 meter, dengan kerugian sementara ditaksir sekitar Rp120 juta.

Klaim: Pemadaman listrik di Jakarta Selatan karena kabel PLN meledak
Rating: Salah/Misinformasi

Baca juga: Diduga korsleting, kabel optik bawah tanah terbakar di Fatmawati

Baca juga: PLN: Tidak ada gangguan listrik di Panglima Polim pasca-kebakaran

Pewarta: Tim JACX
Editor: Anton Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Presiden harapkan Muhammadiyah ikut perangi hoaks vaksin COVID-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar