Dua kabupaten kawasan pegunungan Papua terpapar COVID-19, kata satgas

Dua kabupaten kawasan pegunungan Papua terpapar COVID-19, kata satgas

Data perkembangan COVID-19 di Papua. (FOTO ANTARA/HO-Satgas Penanganan COVID-19 Papua)

Memang benar, sudah ada laporan tentang warga di Pegunungan Tengah Papua atau wilayah adat Lapago yang terpapar virus COVID-19. Tercatat tiga orang yang berasal dari dua kabupaten, yakni Kabupaten Jayawijaya dua orang dan seorang dari Kabupaten Mambe
Jayapura (ANTARA) - Juru Bicara Satgas Pencegahan dan Penanganan COVID-19 Provinsi Papua dr Silwanus Sumule mengakui warga di dua kabupaten di wilayah pegunungan Papua sudah ada yang positif terpapar COVID-19.
 
"Memang benar, sudah ada laporan tentang warga di Pegunungan Tengah Papua atau wilayah adat Lapago yang terpapar virus COVID-19. Tercatat tiga orang yang berasal dari dua kabupaten, yakni Kabupaten Jayawijaya dua orang dan seorang dari Kabupaten Mamberamo Tengah," katanya kepada wartawan di Jayapura, Senin malam.

Dijelaskannya bahwa dari data yang dihimpun pihaknya warga yang terpapar itu sebelum dilakukannya pembatasan penumpang ke Wamena dan pernah melakukan perjalanan ke luar Papua dan ke Jayapura.

Bahkan, kata dia,  ada yang awalnya dinyatakan malaria namun dalam pemeriksaan melalui tes polymerase chain reaction (PCR) terungkap yang bersangkutan positif COVID-19.

"Masa inkubasi 14 hari tampaknya tidak berlaku karena yang terjadi mereka baru merasakannya lebih dari 14 hari, " kata Sumule seraya mengatakan, untuk mengetahuinya lebih lanjut harus melalui penelitian.

Ia menambahkan ketiga pasien yang positif COVID-19 itu dirawat di rumah sakit yang ada di Wamena, termasuk seorang dokter.

"Kondisi ketiganya sakit ringan hingga sedang," katanya.

Jumlah warga yang terpapar di Papua hingga kini tercatat sebanyak 67 kasus yang positif dan 83 pasien dalam pengawasan (PDP), demikian Silwanus Sumule.

Baca juga: Penyebaran COVID-19 di Mimika melalui transmisi lokal

Baca juga: Bayi berusia enam bulan terserang COVID-19 di Jayapura

Baca juga: VTM di Merauke-Papua habis, pengambilan sampel COVID-19 alami kendala
 

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Jember terapkan physical distancing di jalan raya ala MotoGP

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar