Manado (ANTARA) - PT Elnusa Petrofin (EPN) anak perusahaan dari PT Pertamina ikut ambil bagian dalam upaya pencegahan penyebaran virus COVID-19 di Indonesia, dan pemberian bantuan bagi masyarakat terdampak.

"Dari program Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilakukan oleh PT Elnusa Petrofin, kami melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah titik, serta pembagian bahan kebutuhan pokok bersama dengan Pertamina," kata Direktur Utama PT Elnusa Petrofin Haris Syahrudin dalam rilisnya, Senin.

Haris mengungkapkan, dalam kondisi saat ini perlu ada semangat gotong royong dari seluruh elemen untuk memberikan sumbangsih membantu pemerintah, serta masyarakat yang terdampak.
Baca juga: Pertamina Foundation ciptakan Wastafel Keliling untuk cegah COVID-19

“Kami berharap integrasi kegiatan CSR yang kami lakukan, dapat membantu memutus mata rantai COVID-19 maupun dampak yang ditimbulkannya kepada masyarakat” katanya.

Sementara itu, Nur Kholis selaku Direktur Oprasional dan Marketing EPN, mengungkapkan, penyemprotan disinfektan dilaksanakan di 75 wilayah bisnis perusahaan seperti, fuel terminal, Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU), Stasiun Pengisian Bulk Elpiji (SPBE), Depot LPG serta Depot VHS di seluruh Indonesia.

"Selain itu perkampungan yang merupakan kawasan terdekat dari daerah sekitar operasional EPN, serta sarana umum seperti sekolah, tempat ibadah, kantor pemerintahan serta rumah sakit," ujarnya.

Pelaksanaan penyemprotan disinfektan tersebut sesuai dengan standard kesehatan yang telah disampaikan pemerintah.
Baca juga: RS Pertamina Jaya siap tangani COVID-19 mulai April 2020

Ia juga memastikan, pelaksanaan program CSR dari pihaknya akan berlanjut, dalam bentuk dan sasaran yang berbeda, seperti bantuan bagi sarana kesehatan serta makanan bagi masyarakat marginal.

Sementara itu Kepala Desa Sapa, Kabupaten Minahasa Selatan, Sulawesi Utara, Ronny Lengkey memberi apresiasi kepada pihak EPN yang melakukan kegiatan sosial pencegahan penyebaran virus COVID-19 di desanya.

“Semoga inisiatif yang dilakukan oleh Elnusa Petrofin ini dapat menggugah dan diikuti banyak korporasi lainnya untuk bersama sama memerangi COVID-19” tuturnya.

Khairun Nasir, Lurah Pekan Kecamatan Labuhan Kota Medan Sumatera Utara mengaku sangat berterima kasih, karena telah membantu pihaknya dalam pencegahan virus COVID-19.

"Ini sangat membantu baik bagi kami pemerintah kelurahan serta masyarakat, di tengah kekhawatiran penyebaran virus COVID-19," tandasnya.
Baca juga: Pertamina bantu nutrisi makanan tenaga medis COVID-19 di Makassar

Pewarta: Nancy Lynda Tigauw
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2020