Jakarta, 14/4 (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Senin (13/4) kemarin, mulai dari Presiden Joko Widodo yang memerintahkan agar seluruh bantuan sosial disalurkan mulai pekan ini, hingga 1,6 juta orang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) akibat dampak pandemi COVID-19.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. Presiden perintahkan seluruh bansos COVID-19 disalurkan pekan ini
Presiden Joko Widodo atau Jokowi memerintahkan agar seluruh bantuan sosial (bansos) bagi masyarakat yang terdampak virus corona baru atau COVID-19 harus mulai disalurkan pada pekan ini.

Presiden, dalam pembukaan rapat terbatas secara virtual dari Istana Merdeka, Jakarta, Senin, mengatakan berdasarkan hasil inspeksinya ke lapangan, ditemukan fakta bahwa masyarakat sudah sangat membutuhkan bantuan sosial tersebut.

Baca selengkapnya di sini

2. Rupiah Senin sore menguat tajam, ditopang sentimen positif domestik
Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Senin sore, menguat didukung sentimen positif dari dalam negeri.

Rupiah ditutup menguat 250 poin atau 1,57 persen menjadi Rp15.630 per dolar AS dari sebelumnya Rp15.880 per dolar AS.

Baca selengkapnya di sini

3. IHSG awal pekan jatuh, dipicu peningkatan kasus COVID-19 domestik
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada awal pekan melemah seiring peningkatan jumlah kasus positif virus corona baru atau COVID-19 di dalam negeri.

IHSG ditutup melemah 25,19 poin atau 0,54 persen ke posisi 4.623,89. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau Indeks LQ45 bergerak turun 6,58 poin atau 0,94 persen menjadi 693,48.

Baca selengkapnya di sini

4. Arab Saudi - Rusia dan produsen minyak utama setuju pangkas produksi
Arab Saudi dan Rusia mencapai kesepakatan dengan produsen minyak lainnya pada Minggu(12/4), untuk memangkas produksi minyak dengan rekor 9,7 juta barel per hari (bph) selama dua bulan ke depan, menurut pernyataan OPEC.

Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC), Rusia dan negara-negara penghasil minyak lainnya, sebuah kelompok yang dikenal sebagai OPEC+, bertemu pada Minggu (12/4) dan menyelesaikan kesepakatan pengurangan produksi sebesar 9,7 juta barel per hari untuk Mei dan Juni, sekitar 10 persen dari pasokan global, untuk mendukung harga minyak di tengah pandemi virus corona, kata pernyataan itu.

Baca selengkapnya di sini

5. Gugus Tugas : 1,6 juta warga kena PHK dan dirumahkan karena COVID-19
Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Doni Monardo melaporkan terdapat 1,6 juta orang yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dan dirumahkan oleh perusahaannya, karena dampak ekonomi dari pandemi virus corona baru atau COVID-19.

“Dari laporan para menteri, ada 1,6 juta warga yang sudah PHK dan dirumahkan sehingga harus segera diberikan Kartu Prakerja,” kata Doni dalam konferensi pers secara virtual usai rapat terbatas yang dipimpin Presiden Joko Widodo, dari Istana Merdeka, Jakarta, Senin.

Baca selengkapnya di sini


Baca juga: Kemarin, pengurangan anggaran COVID-19 hingga pendaftar Kartu Prakerja
Baca juga: Kemarin, larangan PHK hingga soal "lockdown"
Baca juga: Kemarin, stimulus ekonomi kedua diluncurkan hingga stok pangan aman

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2020