Mataram (ANTARA News) - Para pendukung pasangan calon presiden SBY-Boediono yang tergabung dalam Gerakan Aman, Adil dan Sejahtera Untuk Indonesia (Garansi) menggelar deklarasi di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Sabtu petang.

Deklarasi untuk mendukung kemenangan SBY-Boediono dalam pemilu presiden (pilres) 8 Juli mendatang itu dihadiri Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Garansi, G. Radityo Gambiro yang juga salah seorang Ketua DPP Partai Demokrat.

Pengurus DPP Garansi sekaligus pengurus DPP Partai Demokrat lainnya yang menghadiri deklarasi itu yakni Dodi Mukardi, SH selaku Ketua Departemen Hukum DPP Partai Demokrat.

Sementara dari wilayah NTB, dihadiri pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Garansi NTB dan para simpatisan pasangan calon SBY-Boediono.

Sejumlah tokoh masyarakat sekaligus tokoh agama di wilayah NTB seperti Tuan Guru Haji (TGH) Turmuzi Badaruddin, juga menghadiri deklarasi itu.

Deklarasi para pendukung SBY-Boediono itu diawali dengan pemotongan nasi tumpeng karena acara deklarasi dipadukan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-5 Garansi yang jatuh pada tanggal 23 Mei.

Selanjutnya, pembacaaan naskah deklarasi yang berisi tekad untuk memenangkan pasangan calon SBY-Boediono, oleh Ketua DPD Garansi NTB, Burhanuddin, ST, yang juga Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) Partai Demokrat NTB.

Di hadapan lebih dari 500 orang pendukung SBY-Boediono itu, Radityo Gambiro, mengatakan, deklarasi itu dimaksudkan untuk membangun kebersamaan di kalangan pendukung SBY untuk kembali menjadi Presiden RI untuk periode lima tahun ke depan.

"Mari kita galang kekuatan untuk memenangkan SBY-Boediono pada pilpres 8 Juli mendatang, sekaligus menyukseskan pesta demokrasi," ujarnya.

Radityo juga mengungkapkan bahwa organisasi Garansi merupakan pendukung setiap SBY sejak tahun 2004 lalu, dan tetap komitmen untuk mendukung SBY agar tetap memimpin Indonesia periode lima tahun ke depan.

Garansi yang sudah dua kali menggelar Musyawarah Nasional (Munas) untuk memilih pengurus itu, juga merupakan organisasi yang berazaskan Pancasila, multi etnis, multi agama dan multi partai.

"Jangan heran jika Garansi memiliki pengurus dari partai lain selain Partai Demokrat. Ada orang PDIP dan Golkar terutama di Provinsi Jawa Timur yang menjadi bagian dari Garansi," ujarnya.

Ia menambahkan, deklarasi pendukung SBY-Bodiono di Mataram Provinsi NTB itu merupakan kegiatan keempat setelah kegiatan serupa digelar di DKI Jakarta, Jawa Barat dan Bali.

Selanjutnya, deklarasi pendukung SBY-Boediono akan digelar di Banten, Jawa Timur, Aceh dan Maluku serta daerah lainnya sebelum masa kampanye pilpres.

Saat pemilu legislatif 9 April lalu, Partai Demokrat meraih suara terbanyak yakni 352.801 suara dari total suara sah sebanyak 1.962.300 pada pemilu anggota DPR-RI, mengalahkan partai golkar yang meraih 291.452 suara dan PDIP sebanyak 92.052 suara.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009