Bantu terdampak corona, pengelola Masjid Agung Jateng kumpulkan ZIS

Bantu terdampak corona, pengelola Masjid Agung Jateng kumpulkan ZIS

Ketua Pelaksana Pengelola Masjid Agung Jawa Tengah (PP MAJT) Prof Dr Kiai H Noor Achmad MA saat jumpa pers di MAJT Semarang, Selasa (14/4/2020). (FOTO ANTARA/HO-Humas Pelaksana Pengelola MAJT)

Bantuan yang akan disalurkan kepada masyarakat dalam bentuk paket kebutuhan pokok masyarakat. Untuk tahap pertama targetnya bisa menyasar 2.500 masyarakat yang terdampak corona
Semarang (ANTARA) - Pelaksana Pengelola Masjid Agung Jawa Tengah mulai mengumpulkan donasi berupa zakat, infak dan sedekah (ZIS) dari para dermawan di Jateng yang nantinya didistribusikan kepada masyarakat terdampak penyakit virus corona jenis baru (COVID-19).

"Bantuan yang akan disalurkan kepada masyarakat dalam bentuk paket kebutuhan pokok masyarakat. Untuk tahap pertama targetnya bisa menyasar 2.500 masyarakat yang terdampak corona," kata Ketua Pelaksana Pengelola Masjid Agung Jawa Tengah (PP MAJT) Kiai Noor Achmad MA melalui pernyataan yang disampaikan di Semarang, Selasa.

Dalam rangka kelancaran misi tersebut, kata dia, telah dibentuk Satuan Tugas (Satgas) Peduli COVID-19 yang diketuai Isdiyanto Isman, Koordinator Bidang Hubungan Masyarakat MAJT, yang bertugas menghimpun donasi untuk selanjutnya segera didistribusikan kepada para terdampak COVID-19 di Kota Semarang.

Ia mengatakan MAJT menaruh perhatian tinggi terhadap masyarakat luas di Jateng yang terkena dampak COVID-19, di antaranya banyak yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK), dirumahkan, ataupun usaha informalkan terhenti disebabkan kebijakan darurat COVID-19 yang harus ditaati seluruh masyarakat.

Kebijakan darurat COVID-19 di antaranya pemberlakuan "work from home" dengan "phisical distancing" hingga Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Dalam dunia pendidikan seperti pelajar dan mahasiswa juga diberlakukan belajar di rumah dengan pola daring dan televisi.

"Harus diakui pemberlakuan Tanggap Darurat COVID-19 hingga 29 Mei 2020 menyebabkan lumpuhnya perekonomian di tengah masyarakat. Dalam kondisi seperti ini menjadi kewajiban kami untuk membantu para terdampak. Nabi Muhammad SAW bersabda, sedekah itu menolak bala dan memanjangkan umur, maka konsep sedekah itu yang kami gerakkan," katanya didampingi Sektretaris PP MAJT Kiai Muhyiddin.

Selain menggalang donatur di tengah masyarakat, kata Noor Achmad selaku penanggung jawab Satgas Peduli COVID MAJT, satgas juga menghimpun donasi di lingkup pengurus MAJT yang kini terus berjalan.

"Alhamdulillah para pengurus memberi kepedulian serta respons yang tinggi dalam pengumpulan donasi ini," katanya.

Ia mengajak para dermawan dan yang berkecukupan ekonomi untuk mendukung Program Peduli COVID-19 MAJT dengan menyalurkan donasi kepada Satgas Peduli COVID-19 MAJT.

Donasi dapat ditransfer ke rekening BPD Capem Setwilda Jateng 2057077973 atas nama Masjid Agung Jateng atau menghubungi nomor telepon 085786875244, demikian Noor Achmad.

Baca juga: Ulama Palestina kunjungi Masjid Agung Jawa Tengah

Baca juga: Jawa Tengah siapkan 11 RS rujukan pasien COVID-19

Baca juga: Muhammadiyah siapkan rumah sakit tangani virus corona

Baca juga: Rekor MURI dipecahkan ribuan "hafidzah" membaca Al Quran terbanyak

Pewarta: Akhmad Nazaruddin
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar