Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksikan dalam tiga hari kedepan yaitu 14-16 April, potensi hujan lebat disertai angin kencang masih terjadi di beberapa wilayah Indonesia.

"Intrusi udara kering dari Belahan Bumi Utara (BBU) melintasi wilayah Samudra Pasifik Utara Papua. Keadaan ini menyebabkan daerah di depan muka intrusi kondisi udara menjadi lebih lembab," kata Kabag Humas BMKG Taufan Maulana dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.

Dia menjelaskan, massa udara basah di lapisan rendah terkonsentrasi di sebagian besar wilayah Indonesia kecuali di Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Tengah, Maluku Utara, dan Maluku.

Daerah yang memiliki potensi konvektif dari faktor lokal dengan nilai indeks labilitas atmosfer sedang/kuat terdapat di Aceh, Sumatera Utara, Riau, Jawa Tengah, Jawa Timur, NTB, NTT, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Terdapat daerah tekanan rendah di Samudera Hindia Barat Daya Sumatera serta sirkulasi siklonik di Samudra Hindia Selatan Jawa Timur.

Konvergensi memanjang dari Sumatera Barat hingga Bengkulu, di Laut Timor. Daerah belokan angin terdapat di Sumatera Bagian Tengah, Kalimantan, Sulawesi Tengah, Maluku Utara dan Samudra Pasifik Utara Papua.

Low Level Jet dengan kecepatan angin mencapai lebih dari 25 knot di Samudra Hindia Barat Sumatera dan Samudra Pasifik Timur Philipina.

Untuk wilayah yang berpotensi dilanda hujan lebat, Selasa (14/4) yaitu Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Kalimantan Tengah, Maluku, dan Papua Barat.

Kondisi ini masih berlangsung untuk wilayah Sumatera Barat, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Yogyakarta, Kalimantan Barat, Maluku Utara, Maluku, dan Papua Barat pada Rabu (15/4).

Sementara pada Kamis (16/4) di wilayah Sumatera Barat, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Jawa Tengah, Kalimantan Tengah, dan Gorontalo. masih berpotensi dilanda hujan Lebat.

Sementara hujan lebat disertai angin kencang berpotensi terjadi pada Selasa (14/4) di wilayah Sumatera Utara, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jabodetabek, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, dan Papua.

Kondisi ini masih berpotensi terjadi di wilayah Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jabodetabek, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara dan Papua hingga Rabu (15/4).

Untuk wilayah Aceh, Sumatera Utara, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Banten, Jawa Barat, Jabodetabek, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara dan Papua diprediksi masih berpeluang terjadi hujan lebat disertai angin kencang dan petir pada Kamis (16/4).

BMKG terus mengimbau masyarakat yang berdomisili atau sedang berada di beberapa wilayah yang berpotensi hujan lebat hingga disertai angin kencang dan petir/kilat tersebut untuk selalu berhati-hati ketika beraktivitas di luar ruang, serta persiapkan diri dengan perlengkapan antisipasi hujan.

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Rolex Malaha
Copyright © ANTARA 2020