Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR RI Puan Maharani menyerahkan bantuan satu unit mesin PCR serta 21 Box Detection Kit For 2019-nCov kepada Lab Mikrobiologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, sebagai bentuk komitmennya membantu percepatan tes COVID-19.

Bantuan mesin tes COVID-19 dari Puan Maharani itu diserahkan oleh Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPR RI Utut Adianto di Lab Mikrobiologi UI di Kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Selasa. Bantuan diterima oleh Wakil Dekan FKUI Bidang Pendidikan Penelitian dan Kemahasiswaan Prof. dr. Dwiana Ocviyanti, SpOG(K), MPH.

Baca juga: Gugus tugas tingkatkan kapasitas PCR jelang puncak penyebaran COVID19

Baca juga: Presiden Joko Widodo ingin tes PCR hingga 10 ribu per hari

Baca juga: Jubir sebut 27 ribu orang telah diperiksa "real time" PCR


Dalam sambutan tertulisnya, Puan mengatakan tes massal dan cepat namun akurat sangat dibutuhkan untuk mencegah transmisi atau penularan pasien positif COVID-19 ke orang lain.

"Makin dini kita mengetahui seseorang terpapar virus corona, makin mudah kita melakukan tindakan pencegahan untuk memutus rantai penularan. Karena itu, ketersediaan alat tes spesimen sangat dibutuhkan," kata Puan dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa.

Puan mengatakan, sejak awal DPR telah menghimbau bahwa tes corona harus dilakukan secara masif dan proporsional sampelnya karena jumlah total penduduk Indonesia yang mencapai 260 juta orang lebih.

Menurut politisi PDI Perjuangan itu, semakin cepat dan semakin banyak hasil tes COVID-19 yang dapat dideteksi, maka semakin kuat kualitas data yang kita miliki untuk menjadi dasar pengambilan kebijakan kesehatan yang tepat atau efektif.

"Karena itu hari ini saya menyerahkan bantuan gotong royong peralatan kepada FKUI dalam bentuk 1 Unit PCR Machine dan 21 Box Detection Kit for 2019-nCov," ujarnya.

Dia berharap bantuannya itu dapat digunakan untuk menunjang dan mempercepat kegiatan FKUI dalam mendeteksi hasil-hasil tes pemeriksaan COVID-19.

Menurut dia, Indonesia memiliki ahli-ahli kesehatan seperti di FKUI yang pengetahuannya sangat mumpuni dan harus kita didukung dengan bantuan alat-alat kesehatan yang memadai.

Ketua Departemen Mikrobiologi FKUI Dr. Fera Ibrahim, Phd, SpMk(K) mengatakan dengan keberadaan alat PCR tersebut tentu sangat membantu pihaknya yang saat ini dituntut melakukan 1000 tes specimen setiap hari.

Sementara itu menurut dia, kapasitas peralatan di lab yang ada kapasitasnya baru 300 sampel sehingga penambahan alat tes tersebut, kapasitasnya akan naik dan kita bisa atasi pandemi dengan berhasil.

Dr. Fera Ibrahim menambahkan sumbangan mesin PCR dari Ketua DPR Puan Maharani akan meningkatkan kapasitas tes Lab Mikrobiologi UI menjadi 900 sampel per-hari.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2020