Tangani COVID-19, Wali Kota Baubau serahkan APD ke seluruh puskesmas

Tangani COVID-19, Wali Kota Baubau serahkan APD ke seluruh puskesmas

Wali Kota Baubau, AS Tamrin (kedua kanan) didampingi Wakil Wali Kota La Ode Ahmad Monianse menyerahkan APD Covid-19 kepada seluruh puskesmas dan RSUD Baubau, Selasa (14/4/2020). ANTARA/Yusran/am.

Penyerahan APD senilai Rp200 juta itu berupa sebanyak 60 pasang baju kerja lapangan petugas COVID-19, "handscoen" panjang 85 pasang, "face shield" (pelindung wajah)  20 buah, apron 6 dus, dan baju hazmat/coverall 50 lembar
Baubau, Sultra (ANTARA) - Wali Kota Baubau, Provinsi Sulawesi Tenggara AS Tamrin menyerahkan bantuan alat pelindung diri (APD) kepada seluruh puskesmas dan rumah sakit umum daerah (RSUD) setempat untuk digunakan dalam penanganan COVID-19.

Wali Kota Baubau AS Tamrin, di Baubau, Selasa mengatakan, penyerahan bantuan berupa APD sebanyak 230 buah tersebut merupakan hasil sumbangan dari organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkot Baubau.

"Hal-hal semacam begini adalah darurat sehingga kita betapa pun terbatasnya, tapi kita bersama-sama berpartisipasi menyiapkan dan ini sebagai bentuk kepedulian," katanya.

Penyerahan APD senilai kurang lebih Rp200 juta itu berupa sebanyak 60 pasang baju kerja lapangan petugas COVID-19, "handscoen" panjang 85 pasang, "face shield" (pelindung wajah)  20 buah, apron 6 dus, dan baju hazmat/coverall 50 lembar.

"Alhamdulilah barang yang sudah lebih dulu kita pesan ini sudah ada dan ada juga yang dipesan dari UMKM Kota Baubau. Hari ini kita akan serahkan kepada teman-teman kepala puskesmas dan rumah sakit yang bertugas," kata Wali Kota Baubau dua periode ini.

Inisiatif pengumpulan urunan dalam membantu pengadaan APD itu, kata AS Tamrin, timbul saat dilaksanakan rapat koordinasi antara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Baubau dan pimpinan OPD bahwa APD harus disiapkan secepatnya sambil menunggu bantuan dari pusat dan dana dari APBD yang telah digeser.

Penyerahan APD secara simbolis untuk 17 puskesmas dan rumah sakit umum daerah itu, turut hadir Wakil Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse dan sejumlah kepala OPD Daerah Pemkot Baubau.

Baca juga: Cegah COVID-19, penyemprotan disinfektan di Baubau-Sultra digencarkan

Baca juga: Arus penumpang ASDP Baubau menurun drastis dampak COVID-19

Baca juga: Seorang pasien terindikasi COVID-19 dirujuk ke RS Bahteramas Kendari

Pewarta: Hernawan Wahyudono dan Yusran
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kemenkumham Sultra bagikan ribuan masker untuk warga

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar