Jakarta (ANTARA) - Micorosoft menunda akhir dukungan Windows 10 versi lama dengan memperpanjang enam bulan dukungan dalam rangka mendukung bisnis yang terkena dampak pandemi virus corona.

"Microsoft telah terlibat secara mendalam dengan pelanggan di seluruh dunia yang terpengaruh situasi saat ini," kata Microsoft, dikutip dari The Verge, Rabu.

"Sebagai anggota komunitas global, kami ingin berkontribusi untuk mengurangi stres yang dihadapi pelanggan kami saat ini," Microsoft melanjutkan.

Raksasa perangkat lunak itu berencana untuk mengakhiri dukungan Windows 10 versi 1709 (Enterprise, Education, IoT Enterprise), Selasa (14/4), namun telah diperpanjang hingga 13 Oktober.

Sementara, Windows 10 versi 1809 (Home, Pro, Pro Education, Pro for Workstations, IoT Core) dijadwalkan memasuki akhir dukungan pada 12 Mei, dan Microsoft telah memperpanjang hingga 10 November.

Selanjutnya, dukungan untuk Windows Server versi 1809, Configuration Manager versi 1810, SharePoint Server 2010, SharePoint Foundation 2010, dan Project Server 2010 juga diperpanjang sekitar enam bulan.

Namun, Microsoft tidak berencana mengubah akhir dukungan untuk Office 2010, Project 2010, Office 2016 untuk Mac, dan Office 2013.

Perpanjangan dukungan tersebut menjadi kabar baik bagi banyak admin TI perusahaan yang saat ini tengah mendukung karyawan yang bekerja jarak jauh karena corona. Perpanjangan ini juga berarti bahwa pembaruan keamanan akan terus dikeluarkan untuk Windows versi lama tersebut selama enam bulan ke depan.

Microsoft mengatakan akan "terus mendengarkan pelanggan kami" dan memperbarui dukungan jika ada perubahan.



Baca juga: Kejar digitalisasi, Pertamina gandeng Microsoft

Baca juga: Office jadi Microsoft 365, begini cara dapat gratis

Baca juga: Microsoft alihkan semua acara menjadi daring hingga Juni 2021

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020