Mahasiswa UI protes kampus belum berikan subsidi pulsa

Mahasiswa UI protes kampus belum berikan subsidi pulsa

Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia Fajar Adi Nugroho. ANTARA/HO-Dok pri

kami akan melakukan aksi daring melalui media sosial
Jakarta (ANTARA) - Sejumlah mahasiswa Universitas Indonesia (UI) yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) menyatakan protes terkait kebijakan kampus yang belum memberikan subsidi pulsa untuk mahasiswa selama pelaksanaan pembelajaran daring di rumah.

"Kami akan melakukan aksi daring melalui media sosial nanti malam. Dengan menyebarkan Instagram story sebanyak-banyak dan menandai pihak kampus, serta membuat petisi di Change.org," ujar Ketua BEM UI, Fajar Adi Nugroho, di Jakarta, Rabu.

Selama pandemi COVID-19, aktivitas di kampus diliburkan dan diganti menjadi pembelajaran jarak jauh atau daring, yang dilakukan dari rumah. Untuk mengakses pembelajaran daring itu membutuhkan jaringan internet.

Baca juga: UAI berikan subsidi pulsa untuk mahasiswa
Baca juga: Unhas beri subsidi pulsa untuk dukung kuliah daring


Dia mengaku tidak mengetahui apa alasannya, sehingga UI belum memberikan subsidi pulsa. Padahal subsidi pulsa itu sudah diperbolehkan Kemendikbud melalui Surat Edaran Dirjen Dikti.

"Sepanjang komunikasi kami dengan pihak kampus, mereka hanya menyatakan belum bisa menerbitkan kebijakan itu tanpa memberikan alasan yang pasti," tambah dia.

Padahal dari survei yang disebar oleh BEM UI, setidaknya sebanyak 51,1 persen menyatakan keberatan atau tidak sanggup dengan biaya pulsa untuk membeli kuota internet yang dikeluarkan selama pembelajaran jarak jauh itu.

BEM UI sendiri sudah mengeluarkan pernyataan bahwa mahasiswa keberatan terkait biaya pulsa yang dikeluarkan selama pembelajaran jarak jauh itu. Namun hingga saat ini, pihak UI belum mau berkomentar saat dihubungi.

Baca juga: PTS di Surabaya beri beasiswa mahasiswa terdampak COVID-19
Baca juga: Pemerintah dorong perguruan tinggi selenggarakan kuliah daring
Baca juga: Dampak COVID-19, Universitas Mercu Buana laksanakan kuliah daring

 

Pewarta: Indriani
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Menristekdikti nyatakan PT harus siapkan kuliah Daring

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar