Mentok, Babel (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah menyiapkan tempat karantina Orang Dalam Pemantauan (ODP)  COVID-19agar terpusat dalam satu lokasi.

"Sampai hari ini sebanyak 34 orang ODP di seluruh Kabupaten Bangka Barat masih melakukan karantina mandiri di rumah masing-masing, ke depan tidak menutup kemungkinan bisa dilakukan karantina terpusat," kata Sekretaris Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Bangka Barat Sidarta Gautama di Mentok, Rabu.

Menurut dia, para ODP masih melakukan karantina mandiri karena sampai sejauh ini belum ada instruksi untuk melakukan karantina terpusat, seperti daerah lain di Babel.

"Kalau sudah ada perintah dari gubernur, kita sudah siap karena Pemkab Bangka Barat telah menyiapkan gedung Diklat sebagai alternatif lokasi karantina," katanya.

Sampai saat ini, kata dia, para ODP masih melakukan karantina mandiri di rumah masing-masing dengan pemantauan berkala yang dilakukan para petugas Puskesmas wilayah tinggal masing-masing.

Terkait dengan kesiapan lokasi karantina ODP di Kabupaten Bangka Barat, kata dia pemerintah telah menyiapkan satu lokasi yaitu Gedung Diklat yang berada di kompleks perkantoran pemkab setempat.

Lokasi itu cukup memadahi, baik dari segi kamar, ruangan maupun ketersediaan air dan sarana penunjang lainnya dan lokasi cukup jauh dari lingkungan permukiman warga.

"Berbagai persiapan terus dilakukan, kami berharap warga terus bergotong royong bersama-sama melakukan pencegahan dengan mengikuti seluruh anjuran protokoler agar wabah cepat mereda," demikian Sidarta Gautama.

​​​​​​​

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020