diantar pulang ke rumahnya oleh Pak Bupati
Purwokerto (ANTARA) - Seorang balita, warga Desa Bulupayung, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, AL (4) dinyatakan sembuh dari COVID-19, kata Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Cilacap Farid Ma'ruf.

"Alhamdulillah mas AL sudah dinyatakan sembuh, tadi diantar pulang ke rumahnya oleh Pak Bupati (Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, red.)," katanya saat dihubungi dari Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Rabu.

Menurut dia, pihaknya sudah mendapat konfirmasi terkait hasil pemeriksaan swab terakhir yang dinyatakan negatif setelah sempat dinyatakan positif COVID-19 berdasarkan hasil pemeriksaan swab pertama sebelum balita tersebut menjalani perawatan di RSUD Cilacap.

Baca juga: 81 pasien sembuh dari infeksi COVID-19 di Jatim
Baca juga: 163 pasien positif COVID-19 di Jakarta telah sembuh


Balita yang baru pulang dari Jakarta dan Sumedang bersama orang tuanya, warga Desa Bulupayung, Kecamatan Kesugihan itu, dinyatakan positif COVID-19 pada hari Rabu (25/3) sehingga harus menjalani isolasi di RSUD Cilacap.

"Oleh karena sudah dinyatakan sembuh, tidak perlu isolasi diri, tetapi tetap harus menjaga sesuai dengan ketentuan pemerintah," kata Farid yang juga Sekretaris Daerah Cilacap.

Terkait dengan jumlah pasien positif COVID-19 di Kabupaten Cilacap, dia mengatakan berdasarkan data, pada hari Rabu (15/4) bertambah dua orang sehingga secara keseluruhan ada 10 orang yang terdiri atas satu orang dinyatakan sembuh, satu orang telah meninggal dunia, dan delapan orang masih dalam perawatan.

Baca juga: Pasien pertama COVID-19 Tulungagung sembuh
Baca juga: RS Sulianti Saroso pulangkan empat pasien sembuh COVID-19


Menurut dia, dua pasien dalam pengawasan (PDP) yang baru dinyatakan positif COVID-19 terdiri atas seorang pria asal Wanareja yang memiliki riwayat perjalanan dari Bandung dan seorang perempuan asal Kuripan yang memiliki riwayat perjalanan dari Klaten.

"Kondisi delapan PDP positif COVID-19 ini sudah bagus, tinggal menunggu hasil pemeriksaan swab dari positif menjadi negatif," jelasnya.

Baca juga: Jumlah pasien sembuh dari COVID-19 di DIY bertambah menjadi 17 orang
Baca juga: Satu lagi pasien COVID-19 Kabupaten Bogor sembuh
Baca juga: Dua balita berstatus PDP COVID-19 di RSUP M Djamil dinyatakan negatif

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2020