Jakarta (ANTARA) - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) sedang melakukan pembahasan terkait usulan lima kepala daerah yang meminta penghentian sementara operasional kereta rel listrik (KRL) selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

"Masih dibahas oleh para pemangku kepentingan terkait, terutama pemerintah," kata Manager External Relations KCI Adli Hakim saat dihubungi ANTARA, Rabu.

Selama masa pembahasan terkait usulan pemberhentian operasional sementara KRL, KCI masih menyediakan layanan bagi para pengguna KRL dengan mengikuti batasan waktu yang telah ditentukan, yaitu hingga pukul 18.00 WIB.

"Selama masih dalam pembahasan, kami diarahkan untuk beroperasi sebagaimana yang sudah berjalan selama PSBB ini," kata Adli.

Baca juga: KRL angkut 110 ribu penumpang dari Stasiun Bogor
Baca juga: Stasiun Bogor masih ramai, antrean terjadi saat naik-turun KRL
Sejumlah penumpang KRL Commuter Line antre menunggu kedatangan kereta di Stasiun Bogor, Jawa Barat, Senin (13/4/2020). ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/hp. (ARIF FIRMANSYAH/ARIF FIRMANSYAH)
Lima kepala daerah meminta penghentian operasional KRL sementara apalagi penerapan PSBB untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di kawasan Bodetabek diberlakukan menyusul DKI Jakarta.

Usulan kelima kepala daerah itu disampaikan dalam dialog dengan pimpinan PT KAI dan PT KCI, melalui video konferensi, Senin (13/4).

"Usulan pemberhentian sementara operasional commuter line ini, dimaksudkan agar penerapan PSBB di Bodebek bisa efektif dan optimal, untuk memutus rantai penyebaran COVID-19," kata Wakil Wali Kota Bogor Dedie saat dihubungi, Selasa (14/4).

Adapun penyesuaian jadwal layanan KRL terakhir menuju kawasan luar Jakarta adalah sebagai berikut:

Tujuan Bogor:
1. Keberangkatan Jakarta Kota, 18:20 WIB
2. Keberangkatan Jakarta Kota, 18:27 WIB
3. Keberangkatan Kampung Bandan, 18:21 WIB

Tujuan Bekasi:
1. Keberangkatan Jakarta Kota, 18:04 WIB

Tujuan Cikarang:
1. Keberangkatan Jakarta Kota, 18:35 WIB

Tujuan Rangkasbitung:
1. Keberangkatan Tanah Abang, 18:05 WIB

Tujuan Parung Panjang:
1. Keberangkatan Tanah Abang, 18:15 WIB
1. Keberangkatan Tanah Abang, 18:25 WIB

Tujuan Tangerang:
1. Keberangkatan Duri, 18:17 WIB

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2020