Sungailiat,Bangka (ANTARA) -

Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mulkan memberikan apresiasi terhadap kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-107 di Desa Deniang karena dinilai mendukung pembangunan daerah serta mendorong peningkatan ekonomi masyarakat.

"Saya memberikan apresiasi atas kerja keras TNI dalam mendukung program pembangunan daerah melalui kegiatan TMMD dengan membangun infrastruktur dan sarana umum," katanya di Sungailiat, Rabu.

Baca juga: Kasdim Merauke tinjau pembangunan 20 rumah TMMD di Kampung Epem

Ia mengatakan, TMMD ke-107 tahun 2020 yang dituangkan dalam kesepakatan antara Pemerintah Kabupaten Bangka dengan Kodim 0413 Bangka, dimulai sejak tanggal 16 Maret 2020 dengan melibatkan puluhan personel TNI AD, TNI AL, dan masyarakat setempat.

"TMMD ke-107 melakukan kegiatan dengan membangun jalan sepanjang delapan kilometer yang menghubungkan Desa Deniang Kecamatan Riau Silip ke Desa Matras Kecamatan Sungailiat," katanya.

Dengan dibangunnya jalan tersebut, kata dia, mampu mempercepat akses masyarakat di kedua wilayah tersebut di mana sebelum dibangun jalan itu jarak tempuh mencapai 20 kilometer.

Baca juga: Kodim 1207/BS rampungkan pekerjaan fisik TMMD ke-107 di Kubu Raya

"Selain membangun jalan pintas, kegiatan TMMD ke-107 juga membangun tiga unit jembatan, lima gorong-gorong, lapangan bola voli, pos kamling, dan jamban," katanya.

Menurut dia, selain melakukan kegiatan fisik, TMMD ini juga melakukan kegiatan nonfisik yakni penyuluhan bahaya narkoba, bahaya penyebaran penularan wabah COVID-19, dan wawasan kebangsaan.

Kegiatan TMMD di Kabupaten Bangka ke-107 tahun 2020 merupakan usulan dari pemerintah daerah yang mendapat dukungan dari masyarakat.

Baca juga: Satgas TMMD Bukit Barisan ajak warga melawan wabah COVID-19

"Dengan adanya jalan pintas dengan jarak tempuh relatif singkat dari akses jalan sebelumnya diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat di daerah itu," katanya.

Pewarta: Kasmono
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2020