Pemerintah beri bantuan UMKM produksi alat kesehatan

Pemerintah beri bantuan UMKM produksi alat kesehatan

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menunjukkan katalog produk UMKM yang menjual alat-alat kesehatan yang sudah terkurasi di Graha BNPB Jakarta, Rabu (15/4/2020). (Tangkapan layar Youtube BNPB Indonesia)

kita harapkan UMKM sebagai penyangga ekonomi di kala krisis betul-betul kita dorong kemampuan itu
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan pemerintah akan memberikan bantuan bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang memproduksi alat kesehatan.

"Kami ingin bantu mulai dari pembiayaan, pendampingan, bagaimana mereka bisa memproduksi, lalu juga bagaimana mereka bisa mendapatkan bahan. Yang terakhir kita bantu pemasaran, ujar Teten saat konferensi pers di Graha BNPB Jakarta, Rabu.

UMKM yang bergerak di alat-alat kesehatan, atau banting setir dalam bidang tersebut guna pencegahan virus corona atau COVID-19, menurut dia, masih dapat menyangga perekonomian Indonesia saat ini.

Menkop menyebut pihaknya telah mengumpulkan sejumlah pelaku UMKM yang memproduksi alat-alat kesehatan, dan menerbitkan dua versi katalog produk-produk alat kesehatan yang telah dikurasi oleh perusahaan e-commerce Daruma.

Daruma, lanjutnya,  menjadi pihak yang mengontrol kualitas alat-alat kesehatan produksi UMKM, dan mencarikan pasarnya. Salah satu dari produknya, ada penjualan satu juta masker dari Kimia Farma.

"Kita berharap pengadaan-pengadaan di pemerintah, dan BUMN termasuk program program donasi di masyarakat sekitar. Banyak sekali sudah kami tawarkan produk UMKM ini, yang kita tahu agar tidak terluput masker untuk tenaga medis, dengan yang sehat kita membikin kampanye untuk menggunakan masker kain produk UMKM untuk orang yang sehat," ujar dia.

Untuk itu, Teten mengimbau semua pihak, tak terkecuali pemerintah, pihak swasta, atau masyarakat yang akan berdonasi untuk memerangi COVID-19, membantu berkembang produk UMKM sebesar-besarnya.

"Kita juga mengimbau masyarakat berbagai kelompok sosial membagikan masker alat hand sanitizer gunakanlah produk UMKM Dengan begitu kita harapkan UMKM sebagai penyangga ekonomi di kala krisis betul-betul kita dorong kemampuan itu," ujar dia.



Baca juga: Teten ajak lebih banyak UMKM produksi masker kain
Baca juga: Anggota DPR ingin pemerintah bantu UMKM produksi masker medis
Baca juga: Kemenkop terapkan program lanjutan mitigasi dampak COVID-19 bagi UMKM

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar