Jambi (ANTARA) - Seorang pasien dalam pengawasan (PDP) virus corona (COVID-19) yang dirawat di Rumah Sakit Abdul Manap Kota Jambi Provinsi Jambi dinyatakan positif, sehingga Dinas Kesehatan melakukan tracking.

“Dari sepuluh orang yang dilakukan tes polymerase chain reaction (PCR) dengan menguji sampel lendir (swab), maka hasilnya enam orang negatif, menunggu hasil swab tiga orang dan satu orang positif,” kata Wali Kota Jambi Syarif Fasha di Jambi, Rabu.

Baca juga: 4 orang PDP di Kaltara positif COVID-19

Pasien positif COVID-19 di Kota Jambi tersebut disebut dengan pasien 01 Kota Jambi (KJ). Hingga hari ini Rabu (15/4) terdapat 249 ODP, lima orang PDP dan satu orang positif COVID-19 di Kota Jambi.

Lima orang PDP di Kota Jambi tersebut dirawat di empat rumah sakit berbeda di Kota Jambi.

Dijelaskan Syarif Fasha, pasien PDP Kota Jambi yang dinyatakan positif COVID-19 tersebut merupakan seorang laki-laki berusia 66 tahun warga Kecamatan Pal Merah, Kota Jambi.

Baca juga: RSD Wisma Atlet rawat 424 pasien positif COVID-19

Pasien positif COVID-19 01 KJ tersebut sebelumnya pernah melakukan perjalanan keluar daerah, yakni mengikuti acara tabligh akbar di Kabupaten Gowa Provinsi Sulawesi Selatan pada tanggal 16 Maret dan kembali ke Kota Jambi pada tanggal 20 Maret 2020.

Pada tanggal 26 Maret pasien mengalami keluhan batuk pilek dan sesak nafas, sehingga pasien melakukan pemeriksaan ke Puskesmas terdekat. Pada tanggal 28 Maret pasien kembali ke Puskesmas terdekat untuk kembali melakukan pemeriksaan. Dan pada tanggal 31 Maret, pasien kembali ke Puskesmas terdekat memeriksakan diri dan kemudian dirujuk ke Rumah Sakit Abdul Manap Kota Jambi.

Baca juga: Tiga pasien positif Covid-19 Pekanbaru sembuh

“Pada saat itu, hasil rapid tes meragukan dan pada 1 April Kembali dilakukan rapid tes dan hasilnya positif,” kata Syarif Fasha.

Dan pada tanggal 2 April diambil swab untuk tes PCR, dan pada tanggal 15 April hasil tes PCR diterima dan hasilnya positif.

Mendapati ada pasien positif COVID-19, Dinas Kesehatan Kota Jambi langsung melakukan tracking terhadap orang-orang yang pernah berhubungan dengan pasien 01 KJ tersebut.

Dari hasil tracking terdapat 27 orang yang dilakukan rapid tes, dan hasilnya satu orang dinyatakan positif. Dan saat ini orang tersebut sudah mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Abdul Manap Jambi dan menunggu hasil tes PCR.

Sebanyak 27 orang yang dilakukan rapid tes tersebut merupakan rombongan pasien 01 KJ yang berangkat ke Kabupaten Gowa Provinsi Sulawesi Selatan untuk mengikuti tabligh akbar.

Selain 27 orang tersebut, turut dilakukan rapid tes terhadap keluarga terdekat pasien 01 KJ. Hasilnya satu orang dinyatakan positif dimana orang tersebut merupakan istri dari pasien 01 KJ. Dan saat ini menunggu hasil tes PCR-Nya.

“Kepada masyarakat, khususnya warga Kota Jambi untuk tidak panik, kami imbau agar seluruh warga Kota Jambi untuk mengikuti instruksi pemerintah terkait pencegahan penyebaran COVID-19,” kata Syarif Fasha.

Pewarta: Muhammad Hanapi
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2020