Kebanyakan pelanggaran tidak menggunakan masker
Jakarta (ANTARA) - Satlantas Polres Metro Jakarta Selatan memberikan surat teguran kepada 124 pengendara yang kedapatan melanggar aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada hari Rabu (15/4) kemarin.

"Baru kemarin pemberian surat teguran diberlakukan kepada pelanggar PSBB, jumlah  yang mendapat teguran ada 124 pelanggar," kata Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Selatan Kompol Sri Widodo saat dihubungi ANTARA di Jakarta, Kamis.

Widodo merincikan, 124 pelanggar PSBB tersebut didominasi pengemudi roda empat  sebanyak 67 kendaraan, disusul pengemudi roda dua  49 kendaraan, sisanya angkutan barang.

"Pelanggar PSBB paling banyak itu tidak pakai masker," kata Widodo.

Baca juga: Satlantas Polrestro Jaksel terapkan surat teguran untuk pelanggar PSBB

Baca juga: Urusan keluarga jadi alasan sebagian warga gunakan kereta

Baca juga: Warga Kembangan di Jakarta Barat salurkan 3.000 paket sembako


Menurut Widodo, banyak masyarakat beranggapan menggunakan masker sekali pakai, sehingga setelah beberapa jam dibuang. Dan kebanyakan masyarakat juga tidak mampu membeli masker dalam situasi saat ini.

Pelanggar PSBB tersebut, mendapat teguran dan menandatangani pernyataan yang tertuang dalam surat teguran tersebut untuk tidak mengulangi perbuatannya.

"Pengguna juga kita ingatkan untuk wajib menggunakan masker saat berkendaraan di luar ruangan," katanya.

Menurut Widodo, di beberapa 'check point' terkadang ada donatur yang membagi-bagikan masker kepada pengguna kendaraan.

Langkah ini dapat membantu masyarakat yang belum memiliki masker, sehingga bisa terhindar dari pelanggaran PSBB.

Kamis ini, Satlantas Polres Metro Jakarta Selatan juga akan memberikan surat teguran kepada pengendara yang melanggar PSBB.

Tujuan dari surat teguran tersebut sebagai efek jera sekaligus sebagai basis data bagi aparat Kepolisian untuk mengukur tingkat kepatuhan masyarakat terhadap PSBB.

"Jadi bukan surat tilang, ini surat teguran. Yang melanggar kita tegur, bukan ditilang," kata Widodo.

Widodo menambahkan, di wilayah Jakarta Selatan terdapat tiga 'check point' atau titik pemeriksaan ditempatkan di perbatasan yakni di Pasar Jumat, Lebak Bulus  dengan Tangerang Selatan, check point Layang UI  dengan Depok, dan depan Budi Luhur jalan Cileduk Raya dengan Tangerang.

Ditambah 'check point' di Stasiun Cikoko dan Stasiun Manggarai.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2020