Singapura (ANTARA News) - Uji coba senjata nuklir yang dilakukan Korea Utara bisa memicu perlombaan senjata di kalangan negara-negara tetangga Asianya, sebagai konsekuensi bagi kestabilan kawasan, kata Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Robert Gates di Singapura, Sabtu seperti diberitakan berbagai kantor berita internasional.

"Kepercayaan menjadi masalah jika mereka terus melakukan sikap mereka, dan saya rasa konsekuensi terhadap stabilitas di kawasan itu menjadi hal yang penting," katanya dalam satu forum keamanan tingkat tinggi di kawasan tersebut.

Menurut laporan Reuters, Robert Gates mengatakan bahwa AS tidak akan menerima kegiatan nuklir Korea Utara.

"Kami tidak akan bersikap berpangku-tangan terhadap perkembangan kemampuan Korea Utara untuk menimbulkan target kerusakan di kawasan ini ataupun terhadap kami," kata Gates dalam pertemuan para menteri pertahanan Asia di Singapura.

Gates direncanakan bertemu dengan timpalannya dari Korea Selatan dan Jepang, Sabtu, untuk membahas tindakan-tindakan Korea Utara tersebut, setelah negara komunis itu melakukan uji coba nuklirnya yang kedua dalam pekan ini.(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009