Surabaya (ANTARA) - Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur meluncurkan Gerakan Sejuta Sembako Rakyat sebagai wujud membantu menguatkan ketahanan pangan masyarakat dan stabilitas nasional di tengah mewabahnya COVID-19.

"NU ingin berkontribusi membantu masyarakat yang kesulitan di tengah wabah COVID-19 melalui program Sejuta Sembako Rakyat, apalagi sebentar lagi sudah memasuki Ramadhan," ujar Ketua PWNU Jatim KH Marzuqi Mustamar di sela peluncuran gerakan tersebut di Kantor PWNU Jatim di Surabaya, Kamis.

Hadir pada kesempatan tersebut, KH Anwar Manshur (Rais Syuriah), KH Anwar Iskandar (Wakil Rais), KH Syafrudin Syarif (Katib Syuriah) dan para pengurus lainnya.

Menurut Kiai Marzuki, sembako merupakan kebutuhan dasar setiap orang sehingga jika tidak tercukupi maka bisa mengarah pada gangguan stabilitas nasional.

Sejuta paket sembako tersebut, kata dia, merupakan akumulasi seluruh paket dari PWNU dan PCNU se-Jatim dan sebagian telah didistribusikan kepada masyarakat, termasuk yang tinggal di desa-desa berstatus zona merah COVID-19.

"Sampai hari ini masih pendataan dan kira-kira sudah terdistribusi sebanyak 150 ribu paket sembako dan akan terus dilakukan sampai Hari Raya Idul Fitri nanti," ucapnya.

Satu paket sembako tersebut berisi lima kilogram beras, satu liter minyak goreng, satu kilogram gula, satu kemasan kecap manis, lima mi instan, dua masker kain dan satu kaleng sarden.

Sementara itu, Sekretaris PWNU Jatim Prof Akhmad Muzakki menambahkan pihaknya juga telah menentukan lima sasaran prioritas penerima program Sejuta Sembako Rakyat, yakni guru ngaji, marbot masjid/musala, fakir miskin/lanjut-usia, anak yatim/dhuafa serta korban pemutusan hubungan kerja dan pekerja harian atau usaha kecil yang macet.

Saat ini, lanjut dia, Tim Satgas NU Jatim Tanggap COVID-19 juga telah menyusun sistem dan petunjuk teknis, mulai dari kriteria sasaran, alur pendataan hingga protokol pendistribusian paket yang kemudian disebarkan ke seluruh PCNU se-Jatim agar menjadi panduan bersama.

PWNU Jatim juga mengundang masyarakat untuk saling peduli dan bergabung dalam gerakan Sejuta Sembako Rakyat melalui Satgas NU Jatim Tanggap COVID-19 dengan mengirim donasi ke rekening Bank Syariah Mandiri 720-1599-998 dan Bank Muamalat 71-1071-1099 atas nama PW LAzisnu Jatim kemudian melakukan konfirmasi ke nomor 0896-3009-2626.

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2020