ACT: Layanan antarpangan gratis bantu masyarakat terdampak COVID-19

ACT: Layanan antarpangan gratis bantu masyarakat terdampak COVID-19

Tumpukan beras bantuan dari ACT untuk warga terdampak COVID-19. (ANTARA/Istimewa)

Jakarta (ANTARA) - Lembaga sosial kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) meluncurkan layanan antarpangan gratis Humanity Careline di wakaf distribution center, Gunung Sindur, Bogor guna membantu masyarakat terdampak pandemi COVID-19.

"Spirit besar layanan antarpangan gratis adalah mengajak setiap elemen bangsa berpartisipasi menyelamatkan sesama dari dampak virus corona," kata Ketua Dewan Pembina ACT Ahyudin melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Melalui Humanity Careline, jangkauan bantuan pangan akan semakin luas karena paket bisa langsung diantarkan oleh kurir ojek daring ke rumah penerima manfaat.

Baca juga: COVID-19, TNI-ACT gelar operasi pangan gratis kepada masyarakat

Baca juga: ACT distribusikan pangan untuk 10.000 keluarga prasejahtera Indonesia


Program tersebut hadir sebagai layanan penyedia bahan pangan pokok berupa beras bagi masyarakat terdampak COVID-19 dan karantina wilayah. Program ini juga menjadi solusi bagi pengemudi ojek daring yang mengalami penurunan pesanan.

Ia mengatakan COVID-19 tidak hanya berdampak pada sektor kesehatan, tetapi juga merambah sektor sosial ekonomi dan telah menjadi analisis awal ACT. Hal itulah yang membuat lembaga sosial kemanusiaan tersebut memasifkan operasi pangan gratis menjadi sejumlah program turunan.

Program turunan itu, di antaranya operasi beras gratis, operasi makan gratis bersama ribuan rumah makan, Humanity Food Truck, serta Humanity Food Van.

"Humanity Careline sebuah layanan pangan kepada masyarakat. Masyarakat dipersilakan aktif mengadukan, menyampaikan, menelepon layanan bebas pulsa kami. Bersama selamatkan bangsa, inilah ruang terbesar kita semua," ujar Ahyudin.

Presiden ACT Ibnu Khajar mengatakan program layanan antarpangan gratis akan menjadi kegiatan jangka panjang dan berjalan hingga pemulihan COVID-19 berakhir.

Baca juga: ACT kirim 1.000 ton logistik pangan untuk masyarakat di Natuna

Baca juga: ACT beri bantuan air bersih-pangan-medis untuk wilayah kekeringan


"Dengan spirit besar bersama selamatkan bangsa kita ingin mengajak seluruh elemen. Kita tidak ingin ada jarak di antara masyarakat," ujarnya.

Dalam melawan COVID-19, Ibnu mengatakan ada pahlawan-pahlawan yang terus berjuang sesuai kemampuan mereka antara lain tenaga medis yang terus bekerja maksimal dan pahlawan nafkah. Program layanan antarpangan gratis akan bekerja sama dengan Kodam Jaya.

Sementara itu, Aster Kasdam Jaya Kolonel Inf Jacky Ariestanto mengatakan TNI akan memberi dukungan dengan membuka posko-posko di lima Kodim di Jakarta. "Kami akan melaksanakan dukungan bantuan kepada warga yang membutuhkan bahan makanan berupa beras lima kilogram untuk satu kepala keluarga," kata dia.

Masyarakat dapat menghubungi Humanity Careline pada nomor 08001165228. Layanan antarpangan akan tersedia bagi masyarakat prasejahtera yang sangat membutuhkan. Operator layanan dibuka pada dua sesi, yakni pukul 08.00 WIB hingga 10.00 WIB dan 13.00 WIB hingga 16.00 WIB.

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Warga Sumbar kumpulkan donasi rendang untuk korban erupsi Semeru

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar