Kesemuanya itu tidak akan mengurangi nilai-nilai tradisi, dan makna dari peringatan itu sendiri
Jakarta (ANTARA) - Komando Pasukan Khusus (Kopassus) menggelar peringatan hari jadinya ke-68 di tengah pandemi COVID-19 dan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah Jakarta.

Upacara peringatan HUT Ke-68 Kopassus itu berlangsung secara sederhana di Balai Komando, Makopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Kamis.
Baca juga: Cegah corona, Kopassus perketat akses masuk markas


Kapten Kopassus Letkol Inf Susilo E B dalam keterangan tertulisnya, mengatakan peringatan diawali dengan menyanyikan lagu Hymne Komando, pemutaran film kegiatan satuan dilanjutkan dengan amanat serta pemotongan tumpeng oleh Danjen Kopassus Mayjen I Nyoman Cantiasa yang diberikan kepada dua prajurit berprestasi yaitu Sertu (K) Pratiwi Kartikasari yang berprestasi di bidang olahraga menembak, dan Sertu Alvian Rizki W yang berhasil di daerah penugasan.

Danjen Kopassus mengatakan, peringatan sengaja dilaksanakan secara singkat dan sederhana serta hanya dihadiri para asisten, kabalak, dan pamen ahli dengan tetap memedomani protokol kesehatan seperti "physical distancing" dan menggunakan masker.
Baca juga: Prabowo bangga dengan kemampuan prajurit Kopassus


Namun, Cantiasa berharap agar kesemuanya itu tidak akan mengurangi nilai-nilai tradisi, dan makna dari peringatan itu sendiri.

Dia pun berpesan kepada seluruh prajurit Kopassus untuk mewarisi nilai-nilai dan meneruskan perjuangan para pendahulu.

"Karena ke depan tantangan yang akan dihadapi di medan penugasan tidak akan semakin mudah, dan menuntut profesionalitas yang tinggi," katanya.

Karenanya, pembangunan kekuatan Kopassus akan terus ditingkatkan dalam rangka menjaga kesinambungan dari tahap sebelumnya menuju terwujudnya postur Kopassus yang Ideal, dimana pembangunan kekuatan Kopassus tetap difokuskan kepada pembangunan sumber daya manusia yang didukung dengan modernisasi alat utama sistem persenjataan (alutsista).

"Fokus pembangunan ini sejalan dengan visi yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo, yakni 'SDM Unggul Indonesia Maju'," kata Cantiasa.

Ia pun berharap dengan adanya SDM yang unggul, Kopassus akan semakin tumbuh dan berkembang sebagai sebuah kekuatan yang adaptif, memiliki keunggulan dan mampu berkompetisi di era globalisasi.
Baca juga: Panglima TNI sebut Kopassus bagaikan "hantu-hantu" musuh negara

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2020