Empat pasien positif COVID-19 di Sultra dinyatakan sembuh

Empat pasien positif COVID-19 di Sultra dinyatakan sembuh

Hingga Kamis (16/4/2020) pukul 17.00 Wita Data positif COVID-19 di Sultra sebanyak 27 orang, tiga kasus baru, 22 kasus lama, empat sembuh dan satu orang meninggal dunia. (Sumber: Gugus Tugas COVID-19 Sultra)

Total kumulatif kasus konfirmasi positif 27 orang dengan rincian tiga kasus baru, empat kasus sembuh, 22 kasus sedang menjalani perawatan dan satu kasus meninggal," ...
Kendari (ANTARA) - Sebanyak empat pasien positif corona virus disease (COVID-19) di Provinsi Sulawesi Tenggara dinyatakan sembuh dari 27 orang pasien terkonfirmasi positif hingga hingga Kamis(16/4/).

"Total kumulatif kasus konfirmasi positif 27 orang dengan rincian tiga kasus baru, empat kasus sembuh, 22 kasus sedang menjalani perawatan dan satu kasus meninggal," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sultra, dr Rabiul Awal melalui keterangan resminya yang diterima di Kendari, Kamis malam.

Dokter yang akrab disapa dr Wayong ini menjelaskan, ketiga kasus baru tersebut semua berjenis kelamin laki-laki dan dua dari Kota Kendari sementara satu orang lainnya merupakan warga Kabupaten Kolaka Utara.
Baca juga: Cerita Fitri, pasien pertama bisa sembuh dari COVID-19 di Sultra

"Ketiga kasus baru ini terdiri dari laki-laki semuanya 34 tahun dan 38 tahun domisili Kota Kendari dan 33 tahun domisilinya Kabupaten Kolaka Utara. Kami jelaskan bahwa ketiga kasus baru hari ini terkait dengan 7 kasus yang kami sampaikan kemarin, jadi ini adalah satu kelompok satu cluster berikutnya," jelasnya.

"Kami jelaskan juga bahwa di portal nasional terinput 26 kasus padahal di data kami 27 kasus, sudah di konfirmasi ulang di pusat bahwa satu kasus kita terinput dalam wilayah Sulawesi Selatan dan insya Allah besok akan kembali dimasukkan dalam wilayah Sulawesi Tenggara," tambah Wayong.

Peta sebaran virus corona (COVID-19) di wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara. (Sumber: Gugus Tugas COVID-19 Sultra)


​​​​​​Sementara itu, Juru Bicara Tim Gugus Tugas Penanganan Pencegahan wabah virus COVID-19 Kota Kendari, dr Alghazali Amirullah, mengatakan empat pasien positif corona yang sembuh tersebut berasal dari Kecamatan Baruga dua orang, satu pasien di Kecamatan Puuwatu dan Kecamatan Kambu satu orang.

"Hingga pukul 17.00 Wita hari ini, jumlah positif Covid-19 Kota Kendari bertambah 2 orang sehingga total 21 orang, namun empat orang dinyatakan sembuh dan satu meninggal," katanya.

Menurut dia, dari empat pasien yang sembuh tersebut ada dua yang terbaru sembuh yakni pasien jenis kelamin perempuan asal Kecamatan Baruga masing-masing berusia 37 tahun dan 38 tahun.
Baca juga: Polda Sultra mengonfirmasi ada tujuh anggotanya positif COVID-19

"Keduanya telah dinyatakan negatif berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium. Saat ini ke duanya masih dalam proses pemulihan. Kondisi kedua pasien yang dinyatakan sembuh, saat ini dalam keadan sehat,” ungkapnya.

Alghazali juga menyebutkan, dua tambahan positif corona dalam data hari ini, berasal dari Kecamatan Wua-wua dan Kecamatan Poasia.

"Untuk kasus baru positif yaitu, jenis kelamin laki-laki umur 34 tahun asal Kecamatan Wua-wua, sementara dalam isolasi pada RS Bhayangkara Kendari, jenis kelamin laki-laki umur 38 tahun asal Kecamatan Poasia, sementara dalam isolasi pada RS Bhayangkara Kendari," katanya.
Baca juga: Hasil tes cepat balita di Kendari dinyatakan positif COVID-19
Baca juga: Riwayat perjalanan Lansia positif COVID-19 di Sultra dari Makassar

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kemenkes pangkas proses verifikasi tenaga kesehatan demi penyerapan anggaran COVID-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar